Rabu, 24 April 2024

Lelang Komoditi Agro Bukukan Transaksi Rp 31,11 Miliar

Diunggah pada : 20 Maret 2018 17:34:16 4

Jatim Newsroom– Lelang komoditi agro yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur bersama Puspa Agro di Jemundo Sidoarjo sukses membukukan transaksi Rp 31,11 miliar. Lelang komoditi Agro di puspa Agro cukup mendapat perhatian dari para pedagang lokal dan supplier dari Kota Batu, Surabaya, dan Nganjuk.

Kepala Seksi Stabilisasi Barang Pokok dan Penting Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jawa Timur sebagai panitia Lelang Komoditi Agro, Tri Subiyantoro di sela-sela Lelang di Gedung Tani Puspa Agro Sidoarjo Selasa (20/3) mengatakan, lelang yang dihadiri pedagang, distributor, dan pembeli dari berbagai daerah di Jawa Timur, menjual berbagai produk pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan serta makanan olahan produk pertanian perkebunan.

Pada lelang agro yang pertama 2018, komoditi makanan pokok beras, jagung, kacang tanah, kacang hijau, rumput laut, bawang merah, cabe, kedelai, rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan makanan olahan sambal  diminati di lelang komoditi agro dengan harga  cukup bersaing.

Seperti jagung dari pantura harganya Rp 4.500-5.000/kg paling diminati oleh pedagang dari Surabaya dan Blitar. Dalam lelang pembeli jagung dari Blitar membutuhkan jagung 30 ribu ton tetapi hanya mendapatkan 9 ribu ton, masih kurang 21 ribu ton. Karena Jagung selain untuk dikonsumsi, juga untuk bahan baku pakan ternak juga untuk pakan unggas dan burung. Kemudian beras dari Madiun hanya dijual dengan harga Rp 9.150/kg.

Kemudian rempah-rempah dari Probolinggo, Ponorogo dan Nganjuk juga banyak peminatnya karena selain komoditinya berkualitas harganya cukup bersaing, sehingga para petaninya bisa untung. Seperti jahe gajah dijual dengan harga Rp 5.000/kg, jahe merah Rp 9.000/kg, kemudiaan nanas madu dari Blitar laku terjual dengan harga Rp 4.500/biji serta  rumput laut Rp 10.000/kh.

Selanjutnya komoditi beras merah Rp 9.300/kg, bawang merah dari Probolinggo dijual dengan Harga Rp 20.000/kg, cabe rawit Rp 45.000/kg dan kacang tanah Rp 23.000/kg, rempah-rempah seperti kencur, kunir dan jahe. Lelang yang diawali dengan temu bisnis dilanjutkan dengan transaksi mendapat apresiasi cukup besar dari buyer/pedagang besar dari Surabaya, Batu, Nganjuk yang datang pada acara tersebut. Dengan model pasar lelang agribis yang bisa menjembatani antara petani dengan produsen tanpa ada perantara yang berdampak pada kesejahteraan pedagang dan pembeli.

Lelang di Puspa Agro diikuti lebih 150 orang penjual dan pembeli dari berbagai daerah kabupaten/kota di Jawa Timur. Untuk lelang komoditi agro yang akan datang diselenggarakan di Puspa Agro pada minggu keempat April 2018. (ryo/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait