Jumat, 19 April 2024

Kwarda Umumkan Kwarcab Terbaik EJSC 2K15

Diunggah pada : 7 November 2015 13:50:42 67

Jatim Newsroom Dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda 2015), Kwarda Jawa Timur mengumumkan Kwarcab terbaik dalam ajang EJSC 2K15 (East Java Scout Challenge 2015). Adapun yang terpilih sebagai Best EJSC 2K15 Organizer, yakni terbaik pertama Kab Probolinggo, kedua Kab Blitar, ketiga Pacitan, dan keempat Sumenep.

Sementara untuk peserta tergiat dari wilayah Barat, yakni tergiat pertama Ponorogo, kedua Pacitan, dan ketiga Kab Blitar. Dari wilayah Tengah, yakni tergiat pertama Sidoarjo, kedua Jombang, dan ketiga Gresik. Sedangkan wilayah Timur, yakni tergiat pertama Kab Probolinggo, kedua Situbondo, dan ketiga Kab Malang.

EJSC tahun 2015 yang diprakarsai Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur bersama salah satu media swasta nasional bisa dibilang sukses. Pasalnya, kegiatan lomba yang diikuti Pramuka Penggalang tersebut kini diadposi oleh Kwarnas sebagai program nasional dengan nama Indonesia Scout Challengge.

“Tentunya, Jawa Timur cukup bangga karena EJSC yang menjadi salah satu inovasi ini membuat kesan Pramuka dari kuno menjadi modern. Program ini juga menjadi program nasional,” kata Ketua Kwarda Jatim, H Saifullah Yusuf saat Musda 2015 di Trawas Kab Mojokerto, Jumat (6/11) malam.

Walaupun program terobosan baru Jatim jadi program Kwarnas, Gus Ipul juga meminta Kwarda Jatim terus berinovasi agar Pramuka bisa lebih diminati oleh generasi muda. “Kalau EJSC ini mengemas Pramuka menjadi lebih bagus, dan menjadi diminati oleh kalangan anak muda. Kini harus ada inovasi baru lagi,” katanya.

Ia pun mengusulkan membuat lomba jalan sehat ibu-ibu dengan menggunakan hasduk (dasi Pramuka). “Mungkin namanya Hasduk Fun Run. Ini yang ikut ibu-ibu,” ujarnya.

Dengan berbagai inovasi dan terobosan baru, ia meyakini jika anggapan Pramuka yang dulu dikenal kuno bisa kembali diminati anak muda untuk mengikuti Pramuka. “Ini penting karena peran pramuka bagi generasi muda bangsa Indonesia cukup penting. Banyak hal positif dapat diperoleh apabila mengikuti kegiatan Pramuka,” ungkapnya.

Ia menuturkan, sebaiknya disusun langkah-langkah konkret untuk memajukan Gerakan Pramuka dengan tema atau kegiatan yang inovatif setiap tahunnya.

Dijelaskannya, Jatim menjadi salah satu provinsi dengan perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramukanya terbaik di Indonesia, serta diakui oleh pemerintah pusat bahwa Pramuka Jatim memiliki prestasi dan kinerja yang terbaik. “Ini diperoleh karena kerjasama dari seluruh pengurus dan anggota gerakan Pramuka,” jelasnya.

“Tidak hanya kerja saya sendiri, tetapi kerja gubernur, bupati, walikota, dan masyarakat yang punya komitmen untuk mengabdi di gerakan Pramuka,” ujarnya.

Ke depan, ia berharap Pramuka bisa lebih baik lagi dan dapat menangani isu-isu konkret yang ada di masyarakat. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait