Jumat, 29 Maret 2024

Kunjungi Redaksi Jawa Pos, Jokowi Minta Media Massa Sajikan Hal Yang Kreatif

Diunggah pada : 9 Oktober 2017 5:19:44 41

Jatim Newsroom- Presiden Joko Widodo, Minggu (8/10) malam, mengunjungi kantor redaksi Jawa Pos di Graha Pena Surabaya.  Jokowi tiba di Graha Pena sekitar pukul 22.05 WIB. Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Direktur Utama PT Jawa Pos Koran Azrul Ananda, dan Direktur PT Jawa Pos Koran Leak Kustiya di lobi Graha Pena.

Saat tiba di loby Graha Pena, Jokowi sempat melihat mobil listrik Selo karya Ricky Elson dan tim Kupu-kupu Malam Jogjakarta. Dia terlihat berbincang dengan Dahlan Iskan saat mengamati mobil berwarna kuning tersebut.

Selanjutnya, langkah kaki Presiden berusia 56 tahun itu mengarah ke deretan motor listrik. Antara lain motor TakeRun yang dirakit siswa SMK Takeran, Magetan; DI Molik, motor listrik karya Dahlan Iskan bersama Duta Jaya Mobil dan Himpunan Bengkel Binaan YDBA Jatim; dan Gesits, motor listrik karya ITS. Dari loby Graha Pena, Jokowi kemudian menuju ke lantai 4. Di sana, ia berbicara banyak soal keterbukaan arus informasi.

Menurutnya, media massa telah bertransformasi begitu pesat seiring perkembangan zaman. Masyarakat bebas mengakses segala informasi lewat handphone. ”Akan ada perubahan landscape ekonomi, sosial, sampai politik pun saya yakin pasti berubah. Karena ada perubahan dari offline ke online,” jelasnya.

Dengan derasnya berbagai informasi, batas-batas kebenaran seolah menjadi samar. Keterbukaan media menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah.

Jokowi lantas bercerita soal pertemuannya dengan Presiden Iran Hassan Rouhani. Saat itu, Hassan menanyakan bagaimana keterbukaan media di Indonesia. Apakah sama dengan di Iran. ”Saya jawab lebih kejam di Indonesia,” ucapnya diiringi tawa para tamu undangan.

Jokowi berharap, media massa di Indonesia mampu menyajikan hal yang kreatif. Misalnya dengan memberitakan tentang kemajuan bangsa. Dengan begitu, publik juga mengkonsumsi berita-berita yang positif. ”Berikan narasi publik yang temanya kreatif dan optimisme,” tutur alumnus Universitas Gadjah Mada tersebut.

Kunjungan Presiden Joko Widodo di Jawa Pos merupakan rangkaian kunjungan terakhir saat dia berada seharian di Jawa Timur. Rombongan  Jokowi  mengakhiri kunjungan kerja di Provinsi Jawa Timur, Minggu malam, dan bertolak ke Semarang untuk kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah. Presiden Jokowi dan rombongan yang menumpang pesawat kepresidenan RI 1 bertolak dari Bandara Internasional Djuanda sekitar pukul 23.30 WIB.

Tampak mendampingi Presiden antara lain Menteri/Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil dan Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi SP. (jal)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait