Rabu, 24 April 2024

Korps Marinir Gelar Latihan Pra Tugas Ambalat dan Pulau Terluar

Diunggah pada : 10 Desember 2018 22:20:32 11

Jatim Newsroom – Korps Marinir mulai menggelar Latihan Pra Tugas Ambalat dan Pulau Terluar TA 2018. Pembukaan latihan dilakukan Komandan Pasmar 2, Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi mewakili Dankormar, Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir 3 Grati, Pasuruan, Senin (10/12).

Pembukaan latihan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan oleh Komandan Pasmar 2 kepada perwakilan Satgasmar Ambalat XXIV dan Pulau Terluar XXII. Dalam amanat tertulis yang dibacakan Danpasmar 2, Dankormar mengatakan, latihan dilaksanakan sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknik dan taktik prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Satuan Tugas Ambalat dan Pulau Terluar.

“Dengan latihan ini maka prajurit akan lebih siap untuk menjalankan tugas. Di samping itu, seluruh prajurit akan memiliki stamina dan fisik yang memadai serta mampu untuk beradaptasi terhadap kondisi lingkungan daerah penugasan yang sebenarnya,” jelasnya.

Disampaikan pula oleh Dankormar bahwa penugasan yang akan dilaksanakan di pulau-pulau terluar dan perairan perbatasan adalah sebagai upaya dalam menjaga kedaulatan NKRI dari segala bentuk ancaman. “Ancaman yang paling mungkin terjadi adalah pelanggaran atas batas wilayah perairan dan penguasaan pulau-pulau strategis dari pihak asing. Termasuk dalam pencegahan terhadap illegal fishing, illegal logging dan illegal migrant,” ungkapnya.

“Penugasan ini merupakan wujud perhatian pimpinan terhadap kemampuan Korps Marinir atas dedikasi dan pengabdian yang tulus sehingga dalam setiap menjalankan tugas selalu berhasil dan terlaksana dengan baik. Selain itu, penugasan ini merupakan implementasi dari penjabaran tugas pokok Korps Marinir dalam melaksanakan operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis di wilayah kedaulatan NKRI,” tegas Dankormar.

Perwira Pelaksana Latihan, Letkol Mar Carles A Lumban Gaol mengatakan, latihan pratugas akan dilaksanakan dari tanggal 10-24 Desember 2018. Latihan diberikan berupa materi pembekalan dan manuver di lapangan.

Untuk pembekalan dan manuver lapangan dilaksanakan di Puslatpurmar 3 Grati dan Sorong untuk Satgas Ambalat dan Pulau Terluar Wilayah Timur. Sedangkan Satgas Pulau Terluar Wilayah Barat dilaksanakan di Batam. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait