Kamis, 25 April 2024

Kopaska dan Pakistan Navy Gelar Latihan Bersama Sea Thunder III

Diunggah pada : 26 November 2018 21:00:16 70

Jatim Newsroom - Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL kini bersiap melakukan latihan bersama (Latma) bertajuk Sea Thunder III bersama Special Service Group (SSG) Pakistan Navy. Latihan dibuka oleh Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II, Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, mewakili Asisten Staf Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops kasal) Laksda TNI Didik Setiyono di Auditorium Puslatkaprang Kolat Koarmada II Surabaya, Senin (26/11).

Kaskoarmada II menyampaikan, Latihan Sea Thunder III 2018 memiliki arti penting. Tidak hanya bertujuan meningkatkan profesionalisme antara kedua pasukan khusus, yakni Kopaska TNI AL dan SSG Pakistan Navy,  namun juga hubungan bilateral Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Pakistan.

“Latma Sea Thunder II 2018 merupakan implementasi dari hubungan bilateral antara kedua negara dalam lingkup pertahanan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kualitas, profesionalisme dan kerja sama dalam bidang maritim. Diharapkan selama latihan berlangsung dapat saling dapat bertukar ide, informasi, maupun keahlian dan pengetahuan militer dengan baik,” jelasnya.

Ia menghimbau agar seluruh peserta latihan, baik dari SSG Pakistan Navy dan Kopaska TNI AL dapat berpartisipasi penuh dalam latihan bersama Sea Thunder untuk selalu mengutamakan Zero Accident  selama dalam melaksanakan latihan.

Menurut rencana latihan bersama ini akan digelar mulai tanggal 26 November hingga 7 Desember 2018. Latihan melibatkan kurang lebih 80 personel dari Kopaska TNI AL dan 12 personel SSG Pakistan Navy . Adapun daerah  lokasi latihan di  Puslatkaprang Koarmada II, Satkopaska Koarmada II, Lapangan Tembak Koarmada II dan Dermaga Semampir Baru. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait