Kominfo Gelar FGD Dukung Inventarisasi Big Data OPD

UMUM | 15 Jan 2020 06:48:45 AM

Kominfo Gelar FGD Dukung Inventarisasi Big Data OPD

Foto : Erni JNR

Jatim Newsroom - Guna mendukung Big data OPD di Jatim, Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Forum Group Discussion (FGD) bertema Inventarisasi Data Sektoral Dalam Mendukung Big Data Jawa Timur, Selasa (14/1).

Kepala Dinas Kominfo Prov Jatim, Benny Sampirwanto saat membuka FGD di Kantor Diskominfo Jatim mengatakan, mengintegrasikan semua Big Data yang diperoleh dari OPD perlu dilakukan agar memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang tepat dan cepat sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Diharapkan masyarakat juga ikut berkontribusi dalam peng-entrian data, dimana masyarakat sebagai pusat data. Dengan demikian data akan selalu ter-update, kecepatan data yang didapat dari masyarakat sangat di perlukan dalam menunjang Big data,” katanya.

Dikatakannya, data-data yang valid tersebut alangkah baiknya ditunjang dengan data pendukung seperti foto dan deskripsi dari data tersebut, sehingga informasi yang diperoleh masyarakat  semakin lengkap dan terpercaya, sehingga meminimalisir terjadi kesalahan data yang bisa menimbulkan bias di masyarakat.

Sementara pemanfaatan aplikasi mobile phone dan website, kata Benny,  bisa  memudahkan data pendistribusian dan pengumpulan data tersebut. Dimana masyarakat bisa mengakses data yang diinginkan secar mudah dan efektif dengan menggunakan aplikasi dan website yang sudah disediakan.

Dicontohkannya, mengintegrasikan data yang dimaksud adalah Dinas Pendidikan dalam hal ini Siswa SMK bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja untuk memudahkan mendapatkan informasi pekerjaan apa yang sedang tersedia dan bagaimana informasi  berhubungan pekerjaan tersebut sehingga masyarakat akan termudahkan jika data bisa saling berintegrasi.(ern,upn/p)

Views 4607
Web Statistic