Jumat, 19 April 2024

Koarmada II Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan

Diunggah pada : 15 Mei 2019 21:24:20 19

Jatim Newsroom - Pengamanan pangkalan dari serangan musuh dari laut, udara dan dari darat merupakan syarat penting pangkalan militer. Terlebih dalam menghadapi situasi perang, karena musuh dapat menyerang kapan saja.
 
Markas Komando Armada II (Koarmada II) melaksanakan simulasi Pertahanan Pangkalan dari bahaya serangan udara pesawat musuh, simulasi yang merupakan rangkaian kegiatan Latihan Operasi Amfibi (Lat Opsfib) tahun 2019 di Koarmada II, Rabu (15/5).
 
Dalam Skenario Latihan disimulasikan, pada pukul 10.00 WIB, radar udara KRI Sultan Iskandar Muda-367 menangkap pergerakan pesawat udara yang mencurigakan mengarah ke Koarmada II. Tidak lama kemudian, secara visual,  tampak sebuah pesawat terbang rendah mengelilingi Pangkalan sambil melakukan penyerangan.
 
Mendapati serangan tersebut, Satgas Pertahanan Pangkalan langsung merespon dengan menembakkan persenjataan anti serangan udara yang berada di KRI Sultan Iskandar Muda. Pertempuran pun tak terelakkan. Dengan kesigapan prajurit KRI Sultan Iskandar Muda-367, akhirnya pesawat musuh tersebut dapat dilumpuhkan dengan tembakan meriam kaliber 57 Mm.
 
Dalam Latihan tersebut Satuan Tugas Pertahanan Pangkalan Latihan Operasi Amfibi-19 (Lat Opsfib) tahun 2019, melibatkan tiga Unsur Tugas (UT) yaitu unsur tugas Pertahanan Laut (Hanla), Pertahanan Darat (Hanrat), dan Pertahanan Udara (Hanud). (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait