Khofifah Puji Prestasi Ekonomi Banyuwangi

UMUM | 02 Mar 2021 09:56:27 PM

Khofifah Puji Prestasi Ekonomi Banyuwangi

Gubernur Khofifah saat menghadiri rapat paripurna sertijab Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Selasa (2/3/2021) malam. Foto : Sugeng

Jatim Newsroom - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan pujian atas prestasi Pemkab Banyuwangi yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata Provinsi Jatim. Hal itu disampaikannya langsung saat menghadiri sertijab Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dan Sugiri melalui rapat paripurna di Gedung DPRD Banyuwangi, Selasa (2/3/2021) malam. 
 
"Pertumbuhan ekonomi Banyuwangi ini 5,55 persen. Angka ini lebih tinggi dari capaian pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sebesar 5,52 persen. Tentu prestasi ini tak lepas dari perkembangan sektor pariwisata dan UMKM yang menjadi unggulan Banyuwangi," kata Khofifah. 
 
Dari aspek tingkat pengangguran terbuka, Khofifah juga menyebutkan nilai Banyuwangi sebesar 5,34 persen atau lebih rendah dari Jatim sebesar 5,84 persen. "Pengangguran terbuka di Banyuwangi ini rendah karena memang UMKM diberdayakan dengan baik dalam 10 tahun terakhir," ujarnya. 
 
Khofifah juga mengingatkan digitalisasi yang dilakukan Pemkab Banyuwangi juga perlu ditingkatkan. Salah satunya dengan memberdayakan UMKM untuk masuk ke pasar online dan masuk ke proses e-commerce atau perdagangan via online. 
 
Dari aspek peta kemiskinan tahun 2020, Banyuwangi mencatat 8,06 persen di bawah capaian Provinsi Jatim 11,09 persen.  "Artinya kemiskinan di Banyuwangi ini rendah, karena banyak orang yang sejahtera di Banyuwangi," pujinya. 
 
Namun dengan sederet prestasi bidang ekonomi yang ditunjang sektor pariwisata itu, Khofifah meminta Bupati Banyuwangi agar semakin meningkatkan prestasi yang sudah dicapai dalam 10 tahun terakhir. "Saya yakin Ibu Bupati ini tidak akan kesulitan karena punya top mentor (suaminya atau mantan Bupati, Abdullah Azwar Anas) yang berpengalaman membangun Banyuwangi," jelasnya. 
 
Khofifah juga meminta pengembangan pariwisata di kawasan Selingkar Ijen yang juga masuk di wilayah Banyuwangi juga digarap lebih baik lagi. "Selingkar Ijen ini meliputi Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Namun banyak juga wisatawan yang ke Ijen ini masuknya juga dari Banyuwangi. Ini jadi potensi pariwisata yang menjadikan Banyuwangi menjadi unggul di bidang ekonomi dan pemberdayaan UMKM," pungkasnya. (afr/n) 

Views 6352
Web Statistic