Kamis, 25 April 2024

Khidmatnya Marinir Amerika Hormat Pada Merah Putih

Diunggah pada : 17 Agustus 2019 22:53:56 20

Jatim Newsroom - Hampir di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hari ini, Sabtu (17/8) merayakan HUT RI ke-74. Tak terkecuali pasukan Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019.

Marinir kedua negara itu melaksanakan upacara peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Hutan Selogiri, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur. Yang menarik, prajurit Marinir Amerika yang ikut menjadi bagian dari peserta upacara tampak khidmat saat Bendera Merah Putih dikibarkan.

Bahkan, tentara dari Negeri Paman Sam itu juga hormat pada bendera kebanggaan Bangsa Indonesia. Selama lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan, Marinir Indonesia dan Amerika yang berbaris rapi mengahadap bendera dengan sikap hormat.

Kegiatan yang diikuti pelaku Latma Platex 2019 tersebut bertindak selaku inspektur upacara, Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo. Sedangkan Komandan Upacara Lettu Mar Presly yang menjabat sebagai Komandan Kompi Latma Platex 2019.

Dalam kegiatan tersebut inspektur upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. “Melalui momentum peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, saya mengajak kepada seluruh prajurit TNI AL untuk bersama-sama memacu diri dan berani berkompetisi agar kita mampu sejajar dan bersaing dengan kekuatan AL negara kawasan,” tegas Kasal.

Disampaikan juga oleh Kasal bahwa keterbatasan anggaran bukanlah kendala yang menjadi alasan untuk tidak berbuat yang terbaik. Dengan apa yang telah diberikan kepada TNI AL, agar dikelola dengan sebaik-baiknya untuk dapat memberikan hasil nyata dan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam menciptakan laut yang aman, tertib dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfarado, Lettu USMC Clark dan seluruh Perwira yang tergabung dalam Latma Platex 2019. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait