Kasal Pimpin Sertijab Pangkoarmada II, Dankodiklatal, dan Gubernur AAL

UMUM | 17 Oct 2018 03:06:06 PM

Kasal Pimpin Sertijab Pangkoarmada II, Dankodiklatal, dan Gubernur AAL

Foto; Sugeng JNR

Jatim Newsroom - Tiga jabatan strategis di jajaran TNI AL, Rabu (17/10) diserahterimakan oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Tiga jabatan itu yakni Panglima Koarmada II diserahterimakan dari Laksda TNI Didik Setiyono kepada Laksda TNI Mintoro Yulianto. Komandan Kodiklatal dari Laksda TNI Darwanto diserahkan pada Laksda TNI Dedy Yulianto. Sedangkan jabatan Gubernur AAL dari Laksda TNI Wuspo Lukito diserahkan pada Laksma TNI Muhammad Ali.

"Mutasi di TNI AL merupakan hal biasa dan bentuk penyegaran organisasi. Ada yang promosi jabatan dan juga tentunya untuk meningkatkan kinerja agar lebih baik," kata Laksamana Siwi dalam sambutannya.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada pejabat lama yang telah memberikan sumbangsih dan kontribusi bagi TNI AL. "Kepada Laksda TNI Didik Setiyono, Laksda TNI Darwanto, Laksda TNI Wuspo Lukito terima kasih atas dedikasinya selama menjalankan tugas," ujar Kasal.

Laksamana bintang empat itu juga mengucapkan selamat bertugas pada pejabat baru Pangkoarmada II, Dankodiklatal, dan Gubernur AAL. "Selamat bertugas dan segera beradaptasi dengan tugas baru. Semoga mampu menjalankan tugas dengan baik," jelasnya.

Sekilas profil Pangkoarmada II yang baru Laksda TNI Mintoro Yulianto merupakan lulus an Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 31 tahun 1986. Sejak dilantik menjadi Perwira TNI AL dengan pangkat Letnan Dua diawali dengan penugasan sebaai Padiv Navigasi KRI Hasanudin333 tahun 1989.

Lalu berlanjut menjabat Padiv Senjata Bahari KRI Ki Hajar Dewantara364 tahun 1991, PaIaksa KRI Sorong-911 tahun 1995 dan Komandan KRI Sungai Gerong906 tahun 1996. Selanjutnya, Komandan KRI Pulau Rupat -712 tahun 1998, Komandan KRI Hasan Basri382 tahun 2000, Komandan Lanal Banyuwangi tahun 2001, Komandan KRI Nala-363 tahun 2003, Komandar KRI Arun-903 tahun 2004, Komandan KRI Tanjung Fatagar tahun 2005, Komanca.

Satlinlamil Jakarta tahun 2006, Komandan Lanal Batam tahun 2007. Kasubdep Operasi Gabungan Seskoal tahun 2008, Paban V Straops Sopsal tahun 2008 Komandan Pusdikpel Kodikal tahun 2008, Kepala Staf Guspuriaarmabar tahun 2010, Sahli Panglima B Han Koarmatim tahun 2011, Asops Pangkolinlamil tahun 2011, Asops Pangarmatim tahun 2012, Sahli Panglima A Wilnas Koarmatim tahun 2013, Kapuskodal Mabesal tahun 2013.

Laksda TNI Mintoro Yulianto mengawali karier sebagai Pati TNI Angkatan Laut saat dipromosikan sebagai Komandan Guspurlatim pada tahun 2014. Di tahun 201' beliau juga pernah menjabat sebagai orang nomor dua di Koarmatim sebagai Kasarmatim. Setelah itu, Perwira yang lahir di Cimahi, 21 Juli 1962 menjabat Waasops Kasal tahun 2014, mengawali karier bintang dua di tahun 2018 beliau menempati jabatan sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Sumber Kekayaan Alam Lemhannas dan resmi dilantik sebagai Panglima Koarmada II pada tanggal 17 Oktober 2018.

Berikut tanda jasa yang dimiliki oleh Laksda TNI Mintoro Yulianto diantaranya adalah Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana GOM VII, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dwidya Sistha I, Satya Lencana Kebaktian Sosial, Satya Lencana Wira Dharma (Perbatasan) dan Satya Wira Nusa, Satya Lencana Dharma Nusa, dan Satya Lencana Dharma Samudera.

Sementara Laksda TNI Dedy Yulianto sebelum menerima tugas sebagai Dankodiklatal sempat menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengajar Bid Strategi Lemhannas. Laksda Dedy tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting, salahsatunya adalah Ajudan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Dia kemudian menjabat Wadanlantamal III Jakarta, Danguspurlabar, Staf Khusus Kasal, Danlantamal VII Kupang, Wagub AAL, Iropslat Itjenal dan terakhir menjabat Tenaga Ahli Pengajar Bid Strategi Lemhannas.

Sedangkan Laksma TNI Muhammad Ali yang kini menjabat Gubernur AAL mendapatkan promosi jabatan dan akan naik pangkat menjadi Laksamana Muda (Laksda). Sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai Wakil Asisten Perencanaan Anggaran Kasal dan juga pernah menjabat Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmabar.

Serah terima jabatan yang dihadiri para pejabat tinggi TNI AL dan TNl-Polri, dan Forkopimda Jatim digelar dengan upacara parade dan defille. Selain itu juga dimeriahkan dengan penampilan drama tari kolosal beruduI Laksamana Nala dan display Genderang SuIing Gita Jala Taruna AAL. (afr/p)

Views 802
Web Statistic