Kapolda Jatim Gandeng PWI dan AMSI Perangi Berita Hoaks

UMUM | 23 Feb 2021 07:51:07 PM

Kapolda Jatim Gandeng PWI dan AMSI Perangi Berita Hoaks

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta saat menemui pengurus PWI dan AMSI Jatim. Foto: Bidhumas Polda Jatim untuk Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Aliansi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim untuk memerangi berita bohong atau hoaks. Hal itu disampaikan Kapolda Jatim menerima audiensi PWI Jatim di Gedung Lobby Tribrata, Mapolda Jatim. 
 
"Berita hoax ini berbahaya jika dikonsumsi oleh publik. Sehingga kami Polri bekerjasama dengan PWI Jatim dan AMSI Jatim akan memerangi serta menangkal berita hoax yang ada di Jatim," jelas Nico, Selasa (23/2/2021). 
 
Kapolda mengatakan, jika memang perlu dibentuk suatu badan atau lembaga maka bisa saja dilakukan. Di dalamnya bisa diisi dari beberapa unsur seperti pemerintah, kepolisian, hingga pakar dan asosiasi siber. Diharapkannya, ke depan penanganan berita hoaks tetap sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. 
 
Menurutnya, PWI dan AMSI menjadi bagian penting di dalam menangkal berita hoaks yang ada di Jatim. Sehingga ia mengimbau para wartawan terutama yang tergabung dalam PWI bisa menilai apakah berita itu masuk unsur hoax atau bukan sebelum menulis atau memuatnya. 
 
Kapolda juga berkeinginan nanti PWI dan AMSI menjadi bagian dari pembentukan badan yang menjadi Crime Justice System. Sehingga, kaya dia, dengan keterlibatan media dan wartawan, maka tidak setiap berita hoaks itu diproses pidana. 
 
Jika terkait dengan pemberitaan, kata Kapolda, ada pengkajian terlebih dahulu, ada pembelajaran, edukasi, dan regulasi yang harus disampaikan. "Kalau memang ultimum remedium, dan benar-benar terkait dengan pemberitaan, pidana adalah sarana terakhir sebelum semua sistem berjalan," ujarnya. 
 
Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim menyatakan dukungan atas langkah Kapolda Jatim menangkal berita hoaks di wilayah Jawa Timur. PWI ke depan akan memberikan sosialisasi kepada pelajar SMA sederajat agar mereka memahami tentang berita hoaks. 
 
Ketua AMSI Jatim, Arief Rahman menyambut baik atas gagasan Kapolda Jatim. Ia menjelaskan, AMSI dibentuk dan berangkat dari perlawanan terhadap hoaks dan membangun profesionalitas, serta kredibilitas media. (afr/n)

Views 6456
Web Statistic