Kapolda dan Pangdam Sidak Pos Pam Lebaran di Surabaya

UMUM | 14 Jun 2018 10:51:35 PM

Kapolda dan Pangdam Sidak Pos Pam Lebaran di Surabaya

Jatim Newsroom - Perayaan Hari Raya Idul Fitri di tahun 2018 terlihat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, seluruh unsur di Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya dikerahkan untuk menjaga kekhusukan malam takbir umat Islam.

Seperti yang dilakukan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman melakukan sidak di Pos Pengamanan (Pos Pam) mulai dari depan Kebun Binatang Surabaya. Dilanjutkan sidak di Pos Pam Stasiun Pasar Turi dan terakhir di Pos Pam Taman Bungkul, Kamis (14/6) malam.

"Sidak yang kita lakukan malam ini selain melihat kesiapan para anggota gabungan dari TNI Polri juga memberikan tali asih ke mereka yang berjaga di Pos Pam lebaran baik di Surabaya maupun Sidoarjo," ungkap Irjen Machfud Arifin yang didampingi Pangdam V Brawijaya.

Kapolda juga menjelaskan, untuk kegiatan takbir lebaran yang dilakukan warga dengan berkeliling di ruas jalan raya maka petugas kepolisian dan TNI siap mengawalnya. Namun kalau bisa takbiran tersebut dilakukan di masjid-masjid. “Kami hanya mengimbau ke masyarakat kalau bisa takbiran dilakukan di masjid, tapi kalau tetap dilakukan dengan konvoi di jalan maka kami siap mengawalnya," tegasnya.

Selain itu, mengenai petasan sebagai identik dengan lebaran maka pihaknya siap melakukan penindakan apabila suara ledakan tersebut sangat besar dan membahayakan masyarakat sekitar. Tapi apabila hanya petasan dengan ukuran kecil dan tidak membahayakan maka kami masih memakluminya. “Kalau hanya petasan yang ringan-ringan saja tidak jadi masalah tapi saya sudah memerintahkan ke anggota untuk melakukan penertiban," ujarnya.

Seperti Diketahui, Kementerian Agama telah menetapkan untuk sholat idul fitri ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2018 besok. (afr/p)

Views 782
Web Statistic