Jumat, 19 April 2024

Kanwil Kemenkumham Komitmen Perkuat Tim Pora di Jawa Timur

Diunggah pada : 23 Mei 2018 22:16:52 1

Jatim Newsroom – Kanwil Kemenkumham Jatim tahun ini bakal terus memperkuat keberadaan Tim Pengawasan Orang Asing (Pora). Tim yang kini dibentuk itu, tak hanya di wilayah kab/kota namun sudah masuk hingga kecamatan.

“Kami berkomitmen tahun ini bisa membentuk Tim Pora di seluruh kecamatan di Jawa Timur. Tim kami dari Imigrasi personelnya terbatas. Sehingga pengawasan orang asing hingga di pelosok daerah bisa lebih terbantukan dengan adanya Tim Pora di tingkat Kecamatan yang bisa memantau lebih dekat perkembangan di daerahnya,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Zakaria, Rabu (23/5).

Ia mengatakan, Tim Pora Jawa Timur saat ini dianggap sebagai acuan yang ada di seluruh Indonesia. Untuk itu, pihaknya akan terus memperkuat keberadaan Tim Pora hingga di tingkat kecamatan. "Segala sesuatu harus punya komitmen, kalau kita berjalan sendiri tanpa penguatan-penguatan mungkin tingkat kebersamaan dan visi misinya menjadi lemah," terang Zakaria.

Bentuk penguatan dengan membentuk tim yang sama tidak hanya ditingkat Jawa Timur, namun juga hingga ke kecamatan seluruh Jawa Timur. "Kita akan melakukan pengawasan hingga ke pelosok-pelosok desa," singkatnya.

Kedepan, hasil evaluasi Tim Pora juga disampaikannya, akan dipakai sebagai dasar untuk menentukan wilayah atau tempat mana saja yang biasa menjadi tujuan warga negara asing yang menyalahgunakan ijin tinggal. Ditempat itu nantinya, akan menjadi prioritas pengawasan tim ini. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait