Kadiskesal Berharap Ilmu Kesehatan Penyelaman dan Hiperbarik Jadi Kurikulum Wajib

UMUM | 13 Oct 2017 04:05:49 PM

Jatim Newsroom–Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI  Nora Lelyana menngatakan, ilmu kesehatan penyelaman dan hiperbarik perkembangannya di Indonesia masih sangat lamban. Untuk itu, ia berharap ilmu kesehatan penyelaman dan hiperbarik menjadi kurikulum wajib di Fakultas Kedokteran (FK).

Nora Lelyana menjelaskan,hingga saat ini hanya Universitas Hangtuah yang sudah mempunyai kurikulum ilmu kesehatan penyelaman dan hiperbarik. Padahal sudah banyak rumah sakit di Indonesia yang sudah memanfaatkan oksigen hiperbarik untuk terapi klinis dan kecantikan.

“Kedapan, saya berharap ilmu kesehatan penyelaman dan hiperbarik menjadi kurikulum wajib di FK. Hal ini sangat penting agar terus berkembang dan memberi manfaat bagi banyak orang,” tuturnya, Jumat (13/10).

Pada Rabu (11/10), Nora Lelyanamenyematkan Brevet Kehormatan Kesehatan Penyelaman dan Hiperbarik di Gedung Lembaga Kesehatan Kelautan TNI-AL (Lakesla) RSAL Dr Ramelan Surabaya.Brevet Kehormatan Kesehatan Penyelaman dan Hiperbarik itu diberikan kepada beberapa pejabat di lingkungan TNI. Secara simbolis diwakili oleh Laksma TNI Rachmad Jayadi yang kini menjabat sebagai Danguspurlatim dan Marsma TNI M Daradjat sebagai KA RSPAU dr. S Harjolukito.

Ia mengungkapkan penyandang brevet berarti memiliki kualifikasi di bidang kesehatan hiperbarik, yakni keahlihan dasar dalam penyelaman, penanganan kasus-kasus kedaruratan penyelaman, memahami indikasi, kontra indikasi dan efek samping penggunaan ruang udara bertekanan tinggi serta mampu mengoperasikan ruang udara bertekanan tinggi.“Brevet ini bisa diberikan kepada anggota TNI AL atau pihak lain yang telah berjasa bagi pengembangan kesehatan penyelaman dan hiperbarik,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Brevet kesehatan penyelaman dan hiperbarik diberikan kepada anggota kesehatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang telah mendapatkan pendidikan bidang kesehatan penyelaman hiperbarik. Brevet kesehatan hiperbarik merupakan kebanggaan bagi anggota kesehatan TNI AL. (luk)

Views 858
Web Statistic