Jelang Misa Natal, Gubernur Pantau Gereja Kristus Raja di Surabaya

UMUM | 24 Dec 2020 01:12:56 PM

Jelang Misa Natal, Gubernur Pantau Gereja Kristus Raja di Surabaya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjonio, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto melakukan peninjauan ke Gereja Paroki Kristus Raja Jalan Tambaksari, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kamis (24/12). Foto: Audi JNR

Jatim Newsroom- Menjelang Hari Natal 2020 dan pelaksanaan ibadah Misa Natal sesuai dengan Protokol Kesehatan. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjonio, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto melakukan peninjauan ke Gereja Paroki Kristus Raja Jalan Tambaksari, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kamis (24/12).

Dimana pantau dilapangan saat menuju gereja tersebut, Gubernur bersama Forkopimda menggunakan motor yang dimulai dari Gedung negara Grahadi ke Gereja tersebut. Begitu tiba, rombongan Gubernur Khofifah bersama Forkopimda Jatim beserta jajarannya melakukan peninjauan yang diawali dengan melihat bagian tempat ibadah di dalam gereja tersebut yang akan digunakan sebagai tempat misa.

Selain itu juga mengecek secara langsung kesiapan seluruh bagian gereja dalam menghadapi perayaan Natal tahun ini. "Saya bersama Forkopimda memang ingin silaturahim dengan pimpinan gereja yang akan melakukan persiapan proses misa pada hari ini," ujar Khofifah.

Gubernur memastikan semua kesiapan ini berseiring dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Menurutnya hal ini terlihat dari penataan kursi, banyak tempat untuk cuci tangan, dan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk gereja.

"Ada yang berbeda pada natal tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Karena pandemi Covid-19 proses ibadah lebih banyak dilakukan bersama dengan keluarga di rumah dengan menggunakan live streaming," katanya.

Ini artinya, lanjut Khofifah, keberseringan dengan menjalankan protokol kesehatan dengan proses ibadah dengan harapan Natal ini tetap bisa dilakukan dengan suasana yang khidmat. "Proses ibadah bisa dilakukan, protokol kesehatan tetap ditegakkan," tuturnya

Sementara itu, Romo Markus Marcelinus Hardo Iswanto CM selaku Kepala Paroki Gereja Kristus Radja Surabaya mengatakan, berbeda dengan Natal tahun tahun sebelumnya, misa Natal yang masih di tengah pandemi ini, juga dilaksanakan dengan streaming.

Misa-nya itu virtual, di Gereja ini hanya simulasi dengan petugas yang terbatas. Dari daya tampung Gereja yang biasanya 900 orang, kita hanya 25 persennya, 220 orang yang hadir," tuturnya.

Misa Natal di Gereja ini dilaksanakan sebanyak 5 kali. Pada hari Kamis (24/12/2020) misa sekali pada pukul 18.00 WIB. Kemudian pada hari Jumat (25/12/2020) misa empat kali, yakni pada pukul 06.00 WIB, 10.00 WIB, 16.00 WIB, dan pukul 19.00 WIB. "Jaraknya cukup panjang, tiga jam setiap misa supaya tidak ada perjumpaan antara jemaat yang pertama, kedua dan seterusnya," katanya.

Sementara itu, bagi mereka yang melaksanakan misa di Gereja, harus daftar terlebih dahulu secara online. Jika memenuhi kuota, mereka akan mendapatkan undangan, pada hari apa dan pukul berapa bisa menghadiri misa. (pca)

Views 7882
Web Statistic