Kamis, 28 Maret 2024

Jatim Terima Penghargaan Pembina Teladan Dekranas Award 2019

Diunggah pada : 12 September 2019 9:58:45 10

Jatim Newsroom – Berkat kerja keras yang tidak pernah lelah dalam mengembangkan kerajinan di wilayahnya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransda) Jawa Timur diganjar penghargaan dari Pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat sebagai Lembaga Pembina Teladan di ajang Dekranas Award 2019.

Penghargaan berupa trophy itu diberikan oleh Ketua Umum Dekranas Pusat, Ibu Mufidah Jusuf Kalla kepada Ketua Dekranasda Jatim Arumi Emil Elestianto Dardak di acara Rakernas Dekranas dan Pameran Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/9) siang.

Ketua Dekransda Jatim, Arumi Emil Elestianto Dardak menyampaikan, penghargaan yang diterimanya berkat kerjasama dengan Dekranasda kabupaten/kota yang mampu mengembangkan produk unggulan daerah yang berbasis pada tradisi budaya, kekayaan lokal dan berdaya saing. Dan penghargaan itu, sebut Arumi berkat kerja keras dari semua pihak, mulai dari tingkat provinsi, kota hingga kabupaten di seluruh Jawa Timur.

“Dekranasda Prov. Jatim bisa mendapatkan penghargaan tersebut karena kerja keras dari tim Dekranasda Provinsi dan utamanya para Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota seluruh Jawa Timur,” ungkap Arumi seusai meninjau langsung stand pameran milik Dekranasda Jatim.

Istri Wakil Gubernur Jatim itu mengaku selalu menyambut optimis pameran-pameran berskala nasional seperti Rakernas Dekranas 2019. Ia menambahkan, Rakernas Dekranas merupakan suatu kesempatan yang prestisius dan berkelas. Oleh sebab itu, dirinya berharap kesempatan kali ini bisa menjadi motivasi bagi dirinya maupun seluruh Dekranasda di Jatim untuk bisa meningkatkan potensi di masa-masa mendatang.

“Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang besar dan memiliki sumber daya alam (SDA), bahkan sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa kreatif, sehingga memang sudah seharusnya menargetkan kelas kita secara nasional,” tutur Arumi.

Mengutip perkataan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, sebut Arumi, bahwa tantangan hadir silih berganti, berkembang dan akan terus ada. Sehingga dirinya berpesan kepada semua Ketua Dekranasda kabupaten/kota di Jawa Timur untuk terus kreatif dan berinovasi. Karena menurutnya, penghargaan yang diterima harus diikuti dengan kerja keras lagi.

Sementara itu, Pameran Kriyanusa 2019 diselenggarakan mulai dari 11-15 September 2019. Ajang tersebut dimeriahkan ratusan stand yang memamerkan kerajinan daerah dari seluruh Indonesia. Jawa Timur menghadirkan berbagai macam produk khasnya yakni kain batik, tas, sepatu hingga jajanan tradisional dari berbagai wilayah, seperti Kab. Madiun, Kab. Trenggalek, Kab. Mojokerto, Kab. Tulungagung dan Kab. Pasuruan. (put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait