Kamis, 18 April 2024

Jatim Siapkan Pemakaman untuk Pasien Covid-19 di Lahan Perhutani

Diunggah pada : 4 April 2020 21:48:51 1

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan lahan untuk pasien Corona Virus Disease (Covid-19) yang meninggal di lahan milik Perum Perhutani.

"Saat ini kami sedang koordinasi dengan Perhutani mengenai lahan untuk pasien Covid-19 yang meninggal dan perhutani siap membantu," kata Gubernur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (4/4).

Dipilihnya lahan Perhutani, menurut gubernur karena penolakan warga di sejumlah wilayah terhadap jenazah Covid -19. Padahal lanjut gubernur, Jenazah yang akan dikebumikan telah melalui beberapa prosedur, seperti dibungkus plastik khusus, dimasukkan peti dan tidak boleh dibuka.

Lokasi yang nantinya dipergunakan, dikatakan gubernur haruslah minimal 50 dari sumber air, dan 500 mater dari pemukiman warga. Setiap kabupaten/kota nantinya ada satu lahan. "Kami tidak bisa menyebutkan titik lokasinya tapi kami pastikan disetiap daerah ada," tuturnya.

Selain lahan pemakaman, saat ini Pemprov Jatim juga menyiapkan dua unit mobil ambulan untuk mengantar pasien positif Covid -19 dipindahkan atau dirujuk dan juga mengantar / pemulasaraan jenazah kepemakaman.

"Sore tadi BPBD Jatim kirim satu ambulan ke  Grahadi, jadi sekarang ada dua yang siap jika dibutuhkan," jelasnya.(hjr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait