Jatim Seger, Gerakan Memasyarakatkan Olah Raga

UMUM | 03 Dec 2020 10:53:43 PM

Jatim Seger, Gerakan Memasyarakatkan Olah Raga

Jatim Newsroom- Program Jatim Seger (Senang Bergeak) yang digagas oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memiliki tujuan untuk memasyarakat olahraga.

Menurut Ketua Umum Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI), Suparman, dalam gerakan Jatim Seger ada aksi yang diikuti dengan gerakan memasyarakatkan pola perilaku hidup sehat bugar dan aktif dan dukungan untuk program infrastruktur yang berbasis masyarakat. Jatim Seger merupakan program kegiatan yang dicanangkan Pemprov Jatim untuk mendorong masyarakat menjadi sehat, bugar, dan produktif dalam dimensi yang luas.

“Hal lain yang tak kalah penting adalah meningkatkan partisipasi masyarakat Jatim dalam melakukan aktivitas jasmani yang ditandai dengan makin banyaknya warga masyarakat Jatim yang senang melakukan aktivitas jasmani yang berbasis prinsip murah, meriah, menyenangkan dan menyehatkan,” kata Suparman, Selasa (1/12).

Gubernur Khofifah telah memprakarsi gerakan Jatim Seger yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, dengan tidak mengesampingkan upaya rehabilitatif yang melibatkan seluruh komponen masyarakat yang ada di Jatim dalam memasyarakatkan paradigma hidup bugar dengan gerak aktif berolahraga betul-betul nyata ada di tengah-tengah masyarakat.

Untuk mensukseskan peran gerakan Jatim Seger, peran sektor kebugaran harus aktif bergerak, namun tidak hanya sektor ini saja yang bergerak namun sektor lain yakni peran pemerintah daerah dan lembaga sektor lainnya juga turut menentukan, salah satunya adalah FORMI yang berperan aktif untuk mendorong aktivitas jasmani di tengah-tengah masyarakat dalam bentuk komunitas olahraga yang berbasis masyarakat.

“Siapa saja masyarakat disini adalah mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktikkan pola gerak bugar, akademisi dan dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku aktif gerak bugar,” kata Suparman. (pno)

Views 7851
Web Statistic