Sabtu, 20 April 2024

Jatim Masuki Panen Raya Cabe

Diunggah pada : 18 Juni 2019 15:22:16 368

Jatim Newsroom– Memasuki panen raya, produksi cabai di Jawa Timur saat ini melimpah. Daerah sentra produksi cabe yang saat ini memasuki panen raya adalah Kabupaten Kediri, Blitar, Malang, Tuban, Banyuwangi dan Mojokerto..

Ketua Paguyuban Petani Cabai Indonesia Provinsi Jawa Timur di Kediri, Suyono mengapresiasi upaya pemerintah melalui Kementerian Pertanian yang mendorong petani menanam cabai dan guna terbentuknya daerah sentra produksi cabai khususnya di Jatim. Karena itu, untuk menjamin harga, para petani berharap Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengeluarkan Permendag harga sebagai acuan harga cabai di tingkat petani.

“Sementara panen saat ini, produksi  cabai keriting terbesar berada di Kabupaten Blitar dengan produksi rata-rata 250 ton/hari. Kemudian diprediksi dalam dua minggu ke depan Banyuwangi akan memasuki musim panen dengan produksinya akan mencapai 130 ton per hari,” ujar Suyono saat dihubungi JNR Kominfo di Kediri, Selasa (18/6).

Namun, Suyono menyayangkan di tengah terjadi panen iini justru harga cabai tidak bersahabat fluktuatif naik turun . Beberapa daerah sentra cabai harus dibongkar sebelum waktunya karena harga anjlok sementara biasa perawatan mahal. “Didaerah Kediri, Mojokerto,Tuban dan Lamongan saat ini sudah mulai ada yang dibongkar sebelum waktunya panen dan diganti tanaman lain karena harga,” tutur Suyono.

Kemudian Suyono menerangkan bahwa Kemendag sudah menunjuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diharapkan agar mau bertanggung jawab membeli produksi petani saat harga jatuh, namun belum bergerak. “Selama ini sudah dibuatkan harga acuan, tetapi BUMN tidak bergerak sama sekali,” ungkap Suyono.

Menurut data harga cabe ditingkat distributor di Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri pada Selasa (18/6), untuk cabe besar  varitas gada saat ini  Rp 29.000/kg dan cabe merah besar varitas imola Rp 27.000/kg. Cabe merah besar keriting rata-rata sebesar Rp 36.000/kg. Sedangkan cabe rawit merah kecil varitas pusaka brengolo yang sebelumnya Rp 9.000/kg kini naik menjadi Rp 12.000/kg, cabe rawit varitas manu prenthul dijual naik dari Rp 7.000/kg menjadi Rp 11.000/kg  serta cabe varitas kencana yang sebelumnya  Rp 8.000/kg kini naik menjadi Rp 11.500/kg.

Sementara menurut data harga  cabe dari Disperindag Jawa Timur adalah untuk cabe merah besar keriting rata-rata Rp 34.000/kg, cabe merah besar biasa Rp 35.000/kg dan cabe rawit merah Rp 14.000/kg. (ryo/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait