Jumat, 29 Maret 2024

Jatim Dorong Peningkatan Ekonomi Berbasis Budaya dan Pariwisata

Diunggah pada : 21 April 2018 14:07:12 39

Jatim Newsroom - Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Abdul Hamid, menyatakan salah satu konsentrasi yang terus dilakukan Pemprov Jatim hingga saat ini adalah mendorong peningkatan ekonomi berbasis budaya dan pariwisata.  
 
"Keseriusan Pemprov Jatim, Pemerintah kabupaten/kota bersama masyarakat saling bahu membahu berkreasi dan menghasilkan produk, kerajinan unggulan tentu akan sangat baik. Selain memberi nilai tambah, juga turut membantu berkontribusi pada ekonomi Jatim," katanya, Jumat, (20/4) malam pada acara Pesona Kediri Bumi Panji di Taman Budaya Jawa Timur (TBJT) Surabaya. 
 
Ia menjelaskan fasilitas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim berupa pementasan kesenian dan stan-stan produk UMKM di TBJT harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Secara bergantian setiap bulannya kabupaten/kota dipersilahkan menggelar pemeran seni budaya dan menjual berbagai produk unggulan. 
 
"Ke depan kita harus melakukan riset transaksi UMKM khususnya saat digelar pameran seni budaya. Hal ini sangat penting sebagai data awal pemetaan, evaluasi dan pengembangan produk," ujarnya.  
 
Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur, Sukatno, mengatakan acara gelar seni budaya daerah adalah satu diantara agenda pementasan berbagai seni dan budaya khas dari daerah-daerah yang ada di Jawa Timur dan kerap menampilkan juga berbagai barang kerajinan khas masing-masing daerah. 
 
"Ada sejumlah kios atau stan di sekitar pendopo Jayengrono di lingkungan TBJT. Dan setiap pagelaran Gelar Seni Budaya Daerah stan-stan itu akan diisi dengan berbagai barang khas produksi daerah masing-masing," ujarnya. 
 
Sesuai jadwal, Jumat (20/4) memuncaki pembukaan Pesona Kediri Bumi Panji menampilkan drama tari berjudul Legenda Panji Asmarantaka Badar, yang sebelumnya menampilkan aneka tari dan lagu-lagu daerah. Sedangkan pada Sabtu (21/4) acara dimulai sejak pagi dengan menggelar seni Jaranan khas Kabupaten Kediri dan lomba seni pencak Silat. (Luk/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait