Sabtu, 20 April 2024

Jatim Akan Wujudkan Smart Province

Diunggah pada : 21 Juli 2017 14:55:57 0

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas rencana mewujudkan Jatim sebagai Smart Province Jum'at (21/7). Kegiatan ini dihadiri oleh pakar IT dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Prof Hariadi.

Kepala Bidang Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (APTIKA) Diskominfo Jatim, Nirmala Dewi, mengatakan, forum ini merupakan langkah awal dimana para teknisi di Diskominfo Jatim mempunyai keinginan besar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karena itu dihadirkan Prof Hariadi hadir untuk ikut membantu menyusun strategi awal dalam mengembangkan Smart Province dan bisa terbentuk sesuai dengan kaidah-kaidah mewujudkan Smart Province".

Dalam tahap awal saat ini, kata Nirmala Dewi, teknisi akan mengumpulkan dan menyumbangkan ide-ide untuk mematangkan beberapa persepsi untuk di satukan sehingga tahap- tahap selanjutnya akan memikirkan strategi, tujuan dan mengimplementasikan untuk menjadi blueprint yang berkembang lebih pesat.

Menrutu Prof Hariadi mengatakan, Smart Province adalah dimana semua Satuan Kerja Perangkat Daerah terlayani dengan teknologi informasi yang mumpuni, sehingga bisa terjadi interoperabiltas data atau istilah saat ini dikenal dengan Open Data.

"Diharapkan dengan adanya diskusi awal ini, ke depan smart province terwujud bahkan bisa berjalan dan terkoneksi di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur," ujarnya.(sti/UPN)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait