Kamis, 25 April 2024

ITS Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Paling Inovatif

Diunggah pada : 21 November 2017 15:57:13 5

Jatim Newsroom- Sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada November 2017, mendapat anugerah peringkat pertama perguruan tinggi dengan produk paling inovatif di Indonesia dari Kemenristekdikti Republik Indonesia.

Oleh Kemenristekdikti, ITS dinilai banyak menghasilkan produk riset yang siap dikomersialkan ke industri, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Diantara produk inovasi ITS yang telah dikawinkan dengan industri adalah mobil listrik, bus listrik, dan motor listrik. Bahkan dua produk terakhir merupakan yang pertama di Indonesia.

Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc, Wakil Rektor ITS bidang Inovasi, Kerja Sama, Kealumnian dan Hubungan Internasional mengaku senang atas anugerah tersebut. "ITS sangat mensyukuri dianugerahkan sebagai kampus dengan peringkat produk inovasi nomor satu," terang Ketut Buda Artana, Selasa (21/11)

Menurut Ketut, capaian ini tidak lepas dari iklim riset yang sangat positif di kalangan sivitas akademika ITS dan pengelolaan yang baik melalui Direktorat Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian.

Direktorat tersebut, kata Ketut, memiliki tugas yang berdampingan dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Jika LPPM berfokus melaksanakan riset, maka Direktorat Inovasi bertugas mengonversikan hasil riset di LPPM menjadi produk inovasi yang siap dikomersialisasikan ke industri.

Pada prinsipnya, sebelum hasil riset diterapkan di masyarakat, perlu dilakukan pengujian berupa Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT). TKT sendiri merupakan indikator yang menunjukkan seberapa matang suatu teknologi dapat diterapkan. 

Indikator ini memiliki rentang nilai satu hingga sembilan. Di ITS, riset yang dilakukan LPPM ditargetkan mencapai level enam. "Kemudian untuk menaikkan TKT dari level enam menjadi sembilan adalah tugas Direktorat Inovasi tersebut," jelas Ketut. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait