Kamis, 28 Maret 2024

ITS Menginovasi Program Internasional di Masa Pandemi Covid-19

Diunggah pada : 30 Juli 2020 18:29:51 11

Jatim Newsroom- Di tengah masa pandemi Covid-19 yang penuh dengan keterbatasan, Direktorat Kemitraan Global (DKG) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tetap konsisten menjalankan misi internasionalisasi untuk ITS.

 

Meski tak dapat melaksanakan sejumlah program yang telah terjadwal akibat pandemi Covid-19 yang membatasi mobilisasi antar negara, DKG ITS berupaya menginovasikan program anyar berupa Teen Ideas dan Community and Technological Camp (CommTECH) versi daring yang akan dilaksanakan mulai akhir Juli ini.

 

Sektor pendidikan sebagai salah satu pilar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia saat ini juga mengalami dampak besar akibat pandemi Covid-19. Kegiatan pembelajaran di berbagai tingkatan pendidikan dipaksa menyesuaikan dengan keadaan agar tidak memperparah kondisi. Salah satu kegiatan pembelajaran yang terdampak adalah program internasionalisasi yang tak bisa direalisasikan akibat adanya pembatasan mobilisasi antar negara saat ini.

 

Diungkapkan oleh Direktur Kemitraan Global ITS, Assoc Prof Maria Anityasari PhD, program internasionalisasi yang bersifat tatap muka secara luring yang sudah direncanakan jauh hari harus ditunda karena pandemi Covid-19. Maria menambahkan bahwa seharusnya pada Januari 2020 lalu setidaknya ada 88 mahasiswa asing yang akan datang untuk menjalankan program di ITS. “Namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19, hanya 33 mahasiswa asing yang bisa datang,” terangnya, Kamis (30/7/2020).

 

Namun bagi DKG ITS, pandemi Covid-19 bukanlah akhir bagi kegiatan internasionalisasi.  Maria secara tegas menyampaikan bahwa ITS tidak boleh lesu darah. ITS harus terus berinovasi untuk menjalankan misi internasionalisasinya. Hal ini disiasati oleh DKG ITS dengan melakukan terobosan berupa penyelenggaraan beberapa short program bersama mitra internasional ITS dalam format daring. Dua program yang dalam waktu dekat akan direalisasikan yakni Teen Ideas dan CommTECH 2020.

 

Online short program yang pertama adalah Teen Ideas 2020 yang merupakan program kolaborasi baru antara ITS dengan Universiti Malaysia Perlis (UNIMAP). Program ini dimulai pada 29 Juli 2020 ini dengan total pertemuan sebanyak enam kali dan diperkirakan usai pada 16 September 2020. Penyelenggaraan Teen Ideas 2020 bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa ITS dan mahasiswa dari mitra ITS, dalam hal ini UNIMAP, untuk dapat belajar tentang berpikir kritis dan mengekspresikan ide terhadap suatu topik tertentu.

 

Pada kali pertamanya ini, Teen Ideas mengusung tema Kenormalan Baru dalam Kampus: Penerapan Teknologi Baru pada Masa Pasca Pandemi Covid-19. Peserta program ini akan mempresentasikan ide yang sudah didiskusikan untuk kemudian dikritisi bersama peserta lainnya. Yang menarik adalah anggota tiap tim merupakan kombinasi antara mahasiswa ITS dan UNIMAP. “Hal ini bertujuan untuk tetap memberikan dampak keterikatan dan interaksi dari mahasiswa ITS dengan UNIMAP, meski dilaksanakan secara virtual,” ungkap Maria. (mad)

 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait