Kamis, 28 Maret 2024

IRBIN ITJENAL PIMPIN REVIU LAPKU TNI AL TAHUN 2015

Diunggah pada : 8 Oktober 2015 15:53:47 79

Jatim Newsroom- Irbin Itjenal Laksamana Pertama (Laksma) TNI Djoko Erwan P memimpin Reviu Laporan Keuangan (Lapku) TNI AL Tahun 2015 di Rupatama Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal V Surabaya, Kamis (8/10).

Turut hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto S.E, didampingi Asrena, Asops, Asintel dan Aspers Danlantamal V serta para Kasatker dijajaran mako Lantamal V lainnya. Sementara Irbin Itjenal didampingi Wakil Tim Riviu Kolonel Laut (S) Mulyono beserta lima orang perwira staf lainnya dari Slogal dan Diskual.

Komandan Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah dalam amanatnya yang dibacakan Wadan mengucapkan selamat datang kepada tim reviu di Mako Lantamal V, kegiatan ini merupakan reviu terhadap laporan keuangan TNI AL sampai dengan Triwulan (TW) III tahun anggaran 2015. Yang meliputi laporan pelaksanaan program anggaran, laporan keuangan, dan simak BMN, pekerjaan lintas tahun, dan dokumen sumber lainnya yang terkait.

Danlantamal V berharap, keberadaan Tim Reviu dari Itjenal ini dapat memberikan arahan dan bimbingan sehingga Lantamal V dapat melaksanakan pelaporan program dan anggaran sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu Irbin selaku ketua Tim mengatakan bahwa reviu ini adalah penelaahan atas penyelenggaraan akuntansi dan penyajian laporan keuangan, dalam hal ini TNI AL oleh Auditor aparat pengawasan intern yang berkompeten untuk memberikan keyakinan terbatas bahwa akuntansi telah diselenggarakan berdasarkan sistem akuntansi pemerintahan.

Adapun sasaran reviu ini adalah, pengumpulan data jukmin/sik anggaran s/d TW III TA 2015, Pengumpulan data dan pemeriksaan pelaksanaan simak BMN s.d TW III TA 2015, Pengumpulan data laporan gaji/tunkin, Data pengadaan barang/jasa yang berpotensi lintas tahun  TA 2015, 5. LK Satker s.d TW III TA 2015, Data pemanfaatan aset/PNBP.

Selain itu pengumpulan data penerimaan Yanmasum/BPJS s.d TW III TA 2015, Pul data hutang/piutang Rumkit s.d TW III TA 2015,  Data hibah barang/uang, Data pendukung lainnya (saldo rekening APBN/Non APBN s.d TW III TA 2015, SSBP/SSPB dan data dana sertifikasi), Tindak lanjut temuan pemeriksaan BPK RI dan Wasrik Itjenal.

Sedangkan dibidang Simak BMN antara lain: Update aplikasi Kemkeu dari versi 14.2.1A ke versi 15.1.0 (adanya penambahan menu), Pelaporan untuk UO TNI AL 88, Harus ada rekon dengan KPKNL menggunakan aplikasi Siman, dan Penekanan dari Mabes TNI untuk anggaran bersumber dari Mabes TNI kepada Kotama Oprasional TNI AL yang belanjakan berupa aset.

Untu lancarnya kegiatan Revie, Wakil Ketua Tim Reviu Lapku TNI AL Kolonel Laut (S) Mulyono menyampaikan bagaimana tekhnis penyampaian pendalaman reviu lapku yang akan dilaksanakan maraton sehari ini. (hjr

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait