Inovasi IT, Pendaftaran Gerak Jalan Mojosuro 2017 bisa Online

UMUM | 12 Oct 2017 10:55:18 AM

Jatim Newsroom  - Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Suroboyo (GJPMS) kembali digelar pada 18 Nopember 2017. Tahun ini ada yang berbeda, dimana panitia penyelenggara akan melakukan inovasi teknologi informasi (TI), yakni pendaftaran peserta dan penjurian dilakukan secara online.

Kepala Bidang Olahraga Dispora Jatim, Dudi Harjanto selaku panitia penyelenggara saat rakor persiapan Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Suroboyo (GJPMS) 2017 di Surabaya, Rabu (11/10) sore mengatakan, untuk mempermudah peserta mendaftar maupun juri untuk menilai ketepatan waktu, maka akan diterapkan inovasi teknologi informasi (TI), yakni pendaftaran peserta dan penjurian dilakukan secara online.

Menurutnya, Inovasi yang dimaksud adalah pendaftaran bisa dilakukan melalui online, kemudian kartu peserta akan dilengkapi dengan barcode yang nantinya akan di scanner pada saat peserta hadir di garis start. Kemudian peserta juga wajib menunjukkan kartu peserta saat tiba di pos I, pos II, hingga garis finis. “Pendaftaran kita buka mulai 23 Oktober dan peserta bisa mendaftar secara online. Tapi kami juga menyediakan tempat pendaftaran secara manual,” kata Dudi.

Saat disinggung tentang manfaat kode barcode yang ada di kartu peserta, ia menjelaskan, kalau kode barcode itu memuat seluruh data peserta selama mereka mengikuti lomba. Saat di garis start, pos I hingga garis finis, panitia akan melakukan scanner barcode itu dan secara otomatis akan mencatat waktu peserta saat tiba di pos I hingga garis finish. “Data itu kita kirim ke juri, sehingga untuk menentukan juara tidak terlalu lama, cukup satu atau dua hari sudah bisa,” kata Dudi.

Event Organizer Imagine Promosindo, Amir Syarifudin menyatakan sudah menyiapkan situs pendaftaran online maupun server untuk data peserta. “Semua sudah siap dan tinggal kita operasikan,” katanya.

Untuk memudahkan pendaftaran, peserta baik beregu maupun perorangan bisa mendaftar via online di situs : gjpmojosuro2017.com. Bagi peserta yang kurang memahami dunia online, masih tetap bisa mendaftar secara manual di kantor sekretariat Dispora Jatim Jl Kayun Surabaya serta di Kantor Dispora Mojokerto. Pendaftaran dibuka mulai 23 Oktober dan akan ditutup pada 18 November atau sesaat sebelum start dimulai.

“Peserta cukup mudah mendaftarnya, cukup masukkan nama, alamat, dan no HP. Dalam beberapa detik, peserta yang sudah mendaftar secara online, otomatis akan mendapat jawaban registrasi melalui SMS di HP nya sekaligus no urut pesertanya. Selanjutnya tinggal melakukan transfer biaya sesuai ketentuan. Sangat mudah dan cepat caranya,” kata Amir. (put)

Views 819
Web Statistic