Rabu, 24 April 2024

Inagurasi Jatim - Hungaria, Gus Ipul Harap Hubungan Dagang Semakin Kuat

Diunggah pada : 26 November 2015 11:02:40 2

Jatim Newsroom- Wakil Gubernur Jatim,H Saifullah Yusuf berharap hubungan dagang antara Jawa Timur dengan Hungaria dapat semakin kuat dan meningkat. Hal tersebut dapat ditindaklanjuti dengan hubungan sister-provienceJatim dengan salah satu provinsi di Hungaria.

“Kami berharap dapat terjalin kerjasama perdagangan yang kuat dengan Hungaria. Mengingat,Jatim mempunyai beragam komoditas utama ekspor non migas. Selain itu saya mengusulkan perlunya kerjasama sister-provience Jatim dengan salah satu provinsi di Hungaria dengan pertimbangan keduanya memiliki banyak kesamaan seperti potensial di bidang pertanian dan pemrosesan makanan,” kata Gus Ipul pada acara Inagurasi Konsul Kehormatan Hungaria di Surabaya menjadi Konsul Jenderal Kehormatan Hungaria di Surabaya, Rabu (25/11)malam.

Gus Ipul mengatakan, data perdagangan Jatimdengan Hungaria selalu mengalami defisit kecuali pada tahun 2012 surplus sebesar1,80 jutadolar AS. Data tersebut terdapat pada selama kurun waktu tahun 2011-2015 (data per Agustus 2015) sebesar 15,07 juta dolar AS sedangkan impor dari Hungaria pada kurun waktu yang sama mencapai 24,8 jutadolar AS.

Komoditi utama ekspor non migas ke Hungaria yaitu tekstil, besi baja, mesin-mesin dan otomotif, elektronika, dan marmer. Sedangkan komoditi utama impor non migas dari Hungariaberupabesi baja, mesin-mesin dan otomotif, produk farmasi, pengolahan aluminimum dan alat-alat listrik.

            Menurutnya, mengingat hubungan Konjen Hungaria di Surabaya dengan Jatim telah berjalan baiksejak tahun 2006, diharapkan hubungan tersebut dapat terjalin terus dan terjalin hubungan kemitraan yang komprehensif, baik kemitraan di bidang ekonomi, sosial,dan budaya.

“Kami harapkan kemitraan ini terus dapat dipertahankan dan akan semakin baik di masa mendatang. Bukan hanya antar pemerintah dua belah pihak tetapi juga sekaligus antar masyarakat,”ujarnyamelalui siaran pers Humas Setdaprov.

Acara inagurasi atau jamuan makan malam tersebut merupakan malam perkenalan Konsul Jenderal Kehormatan Hungaria JR Radjimin yang sebelumnya menjabatKonsul Kehormatan Hungaria di Surabaya. Dihadiri Ms Judith Nemeth-Pach Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Kristiaryo Legowo Sekjen Kementrian Luar Negeri dan Atase Ekonomi Dan Perdagangan Kedutaan Besar Hungaria Peter Varfi serta ratusan pengusaha Hungaria di Jatim. (put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait