Hindari Kecanduan Gadget, Gunakan Secara Cerdas Dan Sehat

UMUM | 09 Nov 2019 06:04:47 AM

Hindari Kecanduan Gadget, Gunakan Secara Cerdas Dan Sehat

Jatim Newsroom-Untuk menghindari kecanduan gadget atau smartphone addiction, diharapkan para remaja agar memiliki kesadaran akan pentingnya penggunaan gadget secara cerdas dan sehat.

“Jadi para remaja untuk mengerti dalam menggunakan smartphone secara pintar dan cerdas,” kata Direktur Direktorat Sistem Informasi Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA), Supangat dikonfirmasi, Jumat (8/11).

Lebih lanjut dikatakannya, ada beberapa tips dan trik untuk menggunakan smartphone secara pintar dan cerdas yakni gunakan aplikasi yang menunjang aktivitas, hapus aplikasi yang tidak perlu, gunakan ketika hanya membutuhkan, gunakan untuk berbagai informasi, tinggalkan smartphone sebelum tidur dan ingatlah bahwa smartphone hanya merupakan alat.

Menurutnya, penggunakan smartphone memang mempunyai dampak positif maupun negativ. Dampak positifnya misalnya, memudahkan untuk berbisnis, mudah untuk mendapatkan informasi, memudahkan untuk mengerjakan tugas-tugas seperti menulis.

Sedangkan dampak negativnya yakni, dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti mata maupun punggung, kerusakan fisik karena orang yang menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop pasti akan jarang berolah raga, karena sudah kecanduan.

Sementara, mahasiswa Magister Psikologi Untag Surabaya, Inka Sukma Melati menyelenggarakan seminar Psikoeducation mengenai smartphone addiction kepada remaja Surabaya. Kegiatan yang bertajuk ‘’Adolescent`s Smartphone Addiction Program’’ itu untuk melengkapi tesisnya, dimana dalam tesis itu ingin mengkaji smartphone addiction ini dari segi teknologi, kesehatan mental sampai kesehatan fisik pada remaja.

“Tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk memberikan kesadaran kepada para remaja bahwa smartphone addiction mempunyai dampak yang besar. Baik dari segi kesehatan mental, kesehatan fisik, sosial dan lain sebagainya yang bisa membahayakan para generasi muda itu sendiri,” katanya. (ern/p)

Views 1818
Web Statistic