Hari Jadi Ke-74/2019, Pameran Jatim Fair Siap Hibur Masyarakat

UMUM | 08 Oct 2019 02:37:03 PM

Hari Jadi Ke-74/2019, Pameran Jatim Fair Siap Hibur Masyarakat

Foto : Sugeng JNR

Jatim Newsroom – Memperingati hari jadi ke-74, Provinsi Jawa Timur mengadakan Pameran Terbesar Kerajinan dan Produk Unggulan Jawa Timur “Jatim Fair” 8-13 Oktober 2019 di Grand City Surabaya. Dengan berbagai acara, Jatim  Fair siap menghibur masyarakat.

Acara dibuka oleh Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur serta dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Konsulat Jenderal, Bupati/Walikota/perwakilan se-Jawa Timur, serta Stakeholder. 

Khofifah menyatakan acara ini dihadiri pula oleh perwakilan dari beberapa negara sahabat, 25 mahasiswa dari Malaysia, 2 dari Republik Ceko, 1 dari Syria, 3 dari Prancis, 1 dari Filipina, 1 dari Jerman, 1 dari Vietnam, dan 1 perwakilan dari Belanda.

Menurut Khofifah, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sebesar 5.72% dari beberapa sektor yaitu industri, perdagangan, pertanian serta 14 sektor lainnya. Beberapa kabupaten di Indonesia merupakan penyumbang terbesar untuk lapangan usaha utama Jawa Timur, dari industri pengolahan ada Kota Kediri, Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kab. Pasuruan, dan Kab. Gresik. Sektor perdagangan ada Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kota Malang, Kab. Malang, dan Kab. Gresik.

Untuk sektor  pertanian ada Kab. Banyuwangi, Kab. Jember, Kab. Malang, Kab. Lamongan, dan Kab. Sumenep. Start up tertinggi juga ada di Malang dan Batu dengan inisiator startup tertinggi sebanyak 57 start up dan di Surabaya sebanyak 49 start up. Indonesia sendiri juga meraih peringkat ke-5 pencetak start up dunia sebanyak 2.074 start up setelah, Amerika Serikat (46.600), India (6.179), Inggris (4.900), Kanada (2.489).

Menurut Heru Tjahjono, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur selaku ketua acara, Jatim Fair ini digelar dengan tujuan sebagai sarana yang tepat untuk memperkenalkan produk ke masyarakat serta sarana informasi kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Ada 540 stand yang disediakan dan 100% sudah terisi.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan paviliun pariwisata yang mengusung tema Halal Tourism, Desa Cempaka, hingga Mobil Gesit dari ITS. Acara ini juga menampilkan fashion show, demo masak hingga pentas artis nasional. Juga ada penyerahan hadiah oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk lomba sektor agribisnis (padi, jagung, kedelai, sayuran, dan buah), sektor peternakan (sapi potong, sapi perah, ayam, dan itik).  (ryo,uwm/p)

Views 15469
Web Statistic