Jumat, 29 Maret 2024

Hari Dharma Samudera, Kasal : TNI AL Selalu di Garis Depan

Diunggah pada : 15 Januari 2021 14:44:50 23

Jatim Newsroom - TNI AL hari ini, Jumat (15/1/2021) memperingati Hari Dharma Samudera. Di wilayah Koarmada II, peringatan digelar dengan acara tabur bunga di laut dari atas geladak KRI Bima Suci.
 
Pangkoarmada II, Laksda TNI I.N.G Sudihartawan memimpin langsung prosesi upacara. Ia juga membacakan amanat Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono.
 
"Tanamkan dalam benak kalian, saat negara memanggil, kekuatan Angkatan Laut harus selalu berada di garis depan saat negeri ini membutuhkan. Tak ada lagi jawaban lainnya, serahkan tekad untuk mewujudkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan dan kepemimpinan yang diwariskan oleh para pendahulu kita di dalam pengabdiannya," tegas Kasal kepada seluruh prajurit TNI AL.
 
Pelaksanan peringatan secara sederhana, kata Kasal, merupakan wujud empati bersama dalam rangka memfokuskan kekuatan alutsista dan personel TNI AL untuk mendukung operasi pencarian dan pengangkatan pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Selain itu, upacara yang digelar sederhana dengan penerapan protokol kesehatan itu juga sebagai langkah mengantisipasi penyebaran Covid-19.
 
“Respon cepat satuan TNI AL yang tergelar di lapangan ini merupakan wujud nyata kehadiran TNI AL yang selalu siap siaga dalam memenuhi panggilan tugas," ungkapnya.
 
Hal itu, kata dia, juga membuktikan efektivitas kekuatan TNI AL sebagai sebuah kekuatan yang siap dioperasionalkan. "Semua bertumpu pada sistem senjata armada terpadu (SSAT). Baik pada Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun pada situasi penanganan pandemi Covid-19 dan SAR seperti saat ini yang termasuk dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," jelasnya.
 
Penyelenggaran Upacara Hari Dharma Samudera tahun 2021 di atas KRI Bima Suci juga dihadiri sejumlah pejabat pewira tinggi (Pati) di wilayah Surabaya. Di antaranya Gubernur AAL, Danpuspenerbal, Dankodiklatal, Danlantamal V, Danpasmar II, Komandan STTAL, Kadis Psial, Danguspurla Koarmada II, Ir Koarmada II, Kas Koarmada II, Kapoksahli Koarmada II. Upacara juga diikuti pasukan 1 SST gabungan perwira memengah, 1 SST gabungan perwira pertama dan 1 SST gabungan bintara dan tamtama.(afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait