Jumat, 29 Maret 2024

Gus Ipul : Karya Seniman Muda Jatim Sangat Potensial

Diunggah pada : 10 Oktober 2017 1:18:39 9

Jatim Newsroom - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, H Saifullah Yusuf resmi membuka Biennale Jatim ke-7 di Taman Budaya Jawa Timur, Senin (9/10) malam. Pada kesempatan ini, Wagub menyebut Jatim patut berbangga karena memiliki seniman -seniman muda dengan karya sangat potensial.

"Kita punya potensi yang luar biasa, terutama perupa-perupa dan seniman yang masih muda, berbakat dan sudah memiliki karya. Mereka adalah masa depan Jawa Timur," tutur Wagub yang akrab disapa Gus Ipul.

Gus Ipul mengapresiasi semangat para seniman yang tiada henti berkarya meski dalam kondisi terbatas. Menurutnya, hal itu yang membuat Taman Budaya Jawa Timur selalu penuh acara, mulai dari pementasan, pameran dan kegiatan seni lainnya. 

Lebih lanjut diungkapkannya, peluang yang harus dimanfaatkan di masa mendatang adalah industri kreatif. Seniman- seniman dapat mengambil peran untuk mengoptimalkan segala potensinya. "Seniman, pelukis, kurator adalah komunitas yang diharapkan untuk mendukung industri kreatif," tandasnya.

Pameran besar seni rupa yang berlangsung dua tahunan ini dimulai 9 - 22 Oktober 2017 dengan mengusung tema "Word Is A Hoax". Tema tersebut ingin mengampanyekan selektif dan cerdas dalam menerima informasi. Selain Wagub, tampak hadir Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jarianto dan Ketua Dewan Kesenian Jatim, Taufik. 

Seperti diketahui, Biennal Jatim pertama kali diinisiasi oleh para seniman yang disambut baik, dan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Timur. Sejak dilaksanakan pada 2005, perbaikan selalu dilakukan untuk menampilkan sebuah pameran yang tidak hanya meningkatkan kreatiftas perupa, tapi juga memberikan informasi dan ide kepada masyarakat penikmatnya. (Luk)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait