Jumat, 29 Maret 2024

Gubernur Soekarwo Inspektur Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Diunggah pada : 17 Agustus 2017 7:39:34 6

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, atau Pakde Karwo menjadi Inspetur Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 di Taman Makam Pahlawan ( TMP) Kusuma Bangsa Surabaya pukul 00.00 WIB Kamis (17/8) dini hari.
    Bertindak selaku inspektur upacara, Pakde Karwo, menyatakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan implikasi pemuda penerus bangsa dalam upaya menghormati jasa para pahlawan. Apel berlangsung dalam suasana penuh Khidmat. Acara dimulai tepat pukul 00.00 WIB diawali dengan pembacaan Ikrar yang dibacakan langsung oleh Gubernur Jawa Timur yang diterangi oleh nyala obor pada saat acara berlangsung.
    Pakde Karwo menyatakan rasa hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan. Dengan mewakili anak bangsa, akan terus bertekad dan berjanji melanjutkan perjuangan para pahlawan.
    Tepat pukul 00.00 WIB, Gubernur Jawa Timur membacakan ikrar pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di area TMP Kusuma Bangsa, yakni TNI 332 orang, Polri 36 orang, Pegawai Negeri Sipil 175 orang, Pejuang Rakyat 7 orang dan pahlawan tak dikenal sebanyak 334 orang.
    Begitupun para pahlawan tak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng gunung, di lembah ngarai dan di dasar lautan. "Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keiklasan dan kesucian. Pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi nusa dan bangsa," tuturnya.
    “Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami dan jalan kepastian yang pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sebaik baiknya,” imbuhnya.
    Di penghujung upacara, selain mengheningkan cipta dan berdoa yang diiring suara terompet bertalu-talu bersaut-sautan hampir lima menit sebagai tanda rasa cinta dan bangga terhadap para pahlawan yang rela serta ikhlas bertaruh nyawa demi Tanah Air Indonesia
    Usai Upacara Pakde Karwo mengakatan kepada Media, memperingati HUT ke 72 Kemerdekaan RI pikiran melayang bahwa kemerdekaan merupakan sarana menuju suatu cita-cita masyarakat adil dan makmur. Masyarakat yang adil dan makmur diperlukan negara, filosofi, konstitusi, idelogi, UUD wiayah negara kesatuan dan mempunyai pandangan pluranisme. Empat hal itulah yang menjadi bagian untuk merealisasi kesejahteraan masyarakat.
    Apel kehormatan dan renungan suci  yang dikomandani Letkol TNI KES Wahyudi  dihadiri oleh Organisasi Piminan Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur daan diikuti 1 Unit Korsik TNI Angkatan Darat.     Sebanyak 1 pleton Wan TNI/Polwan, 1 pleton Kadet Taruna AAL, 1 pleton TNI AD, 1 pleton TNI AL, 1 pleton TNI AU, 1 pleton Polri, 1 pleton Korpri, 1 pleton Linmas, 1 pleton, Organisasi Pemuda (KNPI, GMNI), Pramuka, SMK, PMR, FKPPI beserta mahasiswa. Apel diakhiri dengan pembacaan doa pahlawan yang berakhir tepat pukul 00.30 WIB.(ryo)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait