Rabu, 24 April 2024

Gubernur Kukuhkan Paskibraka Jatim 2019

Diunggah pada : 15 Agustus 2019 22:23:55 27

Jatim Newsroom – Gubernur Jawa Timur, Khofifah mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Jatim 2019. Pengukuhan dilaksanakan di gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (15/8) malam.

Anggota Paskibraka tersebut nantinya akan mengibarkan Sang Merah Putih di Grahadi saat HUT RI ke-74 tanggal 17 Agustus 2019. Sebanyak 70 orang yang bertugas dan terbagi menjadi tiga pasukan yang disesuaikan dengan tanggal kemerdekaan yakni 17, 8, dan 45.

Gubernur saat pengukuhan memberikan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka Jawa Timur. Sebab, pasukan yang dikukuhkan ini adalah siswa siswi terpilih Jawa Timur yang berprestasi. Paskibraka merupakan putra putri terbaik bangsa dan kader pilihan masa depan.

“Tidak semua pemuda berkesempatan menjadi anggota Paskibraka, hanya mereka yang terseleksi dan memiliki jiwa serta mental yang tangguh, daya tahan tubuh yang prima serta kualifikasi intelektualitas dan spiritual yang mumpuni.” Ujar Khofifah saat memberikan amanah.

Selain itu, ia juga berharap kepada para anggota Paskibraka sebagai generasi muda yang lahir di era digital ini mampu memahami perjuangan kemerdekaan dengan memperkuat jiwa nasionalisme dan mendukung pembangunan. Dalam hal ini merupakan sejarah pendidikan bagi anggota Paskibraka dalam menempuh cita-cita yang diinginkan. 

Sebelum pada hari pengukuhan, para anggota Paskibraka ini sudah melalui tahap seleksi dan digembleng secara mental. Karena kemampuan ini harus diiringi dengan kekuatan karakter, fisik, kepemimpinan dan keterampilan yang dimiliki oleh masing-masing anggota Paskibraka. Lalu, pada saat pengukuhan ini mereka melakukan pembacaan Ikrar Putra Putri Indonesia sebegai bentuk sebuah nilai yang harus diresapi dan dijalankan. (Upn/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait