Kamis, 25 April 2024

Gubernur Khofifah Inspektur Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Diunggah pada : 17 Agustus 2019 12:36:29 25

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjadi Inspetur Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 di Taman Makam Pahlawan ( TMP) Nasional Sepuluh Nopember Surabaya pukul 00.00 WIB Sabtu (17/8) dini hari.

Pada kesempatan ini, Gubernur Khofifah, menyatakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan implikasi pemuda penerus bangsa dalam upaya menghormati jasa para pahlawan. Apel berlangsung dalam suasana penuh khidmat di dalam area kawasan TMP Nasional Sepuluh Nopember. Acara dimulai tepat pukul 00.00 WIB diawali dengan pembacaan Ikrar yang dibacakan langsung oleh Gubernur Jawa Timur yang diterangi oleh nyala obor pada saat acara berlangsung.

Gubernur menyatakan rasa hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan,  mewakili anak bangsa bertekad dan berjanji melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Tepat pukul 00.00 WIB, Gubernur Jawa Timur membacakan ikrar pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di area TMP Nasional Sepuluh Nopember, yakni TNI Polri, Pegawai Negeri Sipil  dan pejuang sebanyak 3361 orang dan pahlawan tak dikenal sebanyak 53 orang.

Begitupun para pahlawan tak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng gunung, di lembah ngarai dan di dasar-dasar lauta, ia menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keiklasan dan kesucian. Pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga dan jalan kepastian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sebaik baiknya,” ujarnya.

Di penghujung upacara, selain mengheningkan cipta dan berdoa yang diiring suara terompet bertalu-talu bersaut-sautan hampir lima menit sebagai tanda rasa cinta dan bangga terhadap para pahlawan yang rela serta ikhlas bertaruh nyawa demi Tanah Air Indonesia

Usai Upacara Khofifah menuturkan, renungan suci pada pukul 00.00 Tanggal 17 Agustus 2019 ini adalah merupakan proses rangkaian memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan RI. Hal ini sebagai cara memanggil memori kita, bahwa negara ini bisa berdiri tegak seperti sekarang, pembangunan berjalan dan berbagai kemajuan bisa dicapai karena jasa-jasa para pahlawan perintis kemerdekaan.

Mereka rela mengorbankan jiwa raga bahkan meninggalkan kelurga dalam kurun waktu tidak terbatas demi perjuangan pada saat revolusi awal sampai dengan mempertahankan kemerdekaan. Karena setelah kemerdekaan mereka para pahlawan masih harus  berhadapan dengan pasukan asing.  “Misalnya mereka adalah para peteran,” ungkapnya.

“Oleh karena itu renungan suci kita lakukan, sesungguhnya masyatakat sudah melaksanakan malam tirakatan dan doa bersama untuk bangsa Indonesia.  Supaya Allah menganugerahkan bangsa ini aman, damai, rukun penuh persatuan dan persaudaraan,” imbuhnya.

Apel kehormatan dan renungan suci  yang dikomandani AKBP I Wayan Wiyana  dihadiri oleh Organisasi Piminan Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur Pemen/Pama gabungan dan diikuti 1 Unit Korsik TNI Angkatan Darat. Kemudian peserta upacara 1 pleton Wan TNI/Polwan, 1 pleton Taruna AAL, 1 pleton TNI AD, 1 pleton TNI AL, 1 pleton TNI AU, 1 pleton Polri, 1 pleton Korpri, 1 pleton Linmas,, Pramuka, SMK, beserta mahasiswa. Apel diakhiri dengan pembacaan doa pahlawan yang berakhir tepat pukul 00.30 WIB. (ryo/s)

 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait