Kamis, 28 Maret 2024

Gubernur Khofifah Ajak Lulusan IT dari Jatim Manfaatkan Beasiswa Semesta

Diunggah pada : 25 Mei 2021 8:12:07 245

Jatim Newsroom - Seiring dengan makin pesatnya perkembangan tekonologi informasi global, kebutuhan sumber daya manusia yang ahli di bidang IT makin dibutuhkan. Kebutuhan lulusan handal bidang IT harus terus didorong sehingga nantinya pemenuhan kebutuhan tenaga ahli bidang IT bisa terus terpenuhi dan memberikan  andil dalam mewujudkan Indonesia Maju. 
 
Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi adanya program Beasiswa Semesta yang diselenggarakan Komunitas Sevima (PT Sentra Vidya Utama) yang memberikan program beasiswa pendidikan kepada lulusan SMA/SMK sederajat untuk kuliah di bidang IT. 
 
Ia menegaskan bahwa Pemprov Jatim mendukung penuh program Beasiswa Sevima dan mendorong lulusan SMA/SMK di Jawa Timur untuk ikut mendaftar. Sebab kampus yang ditawarkan dalam program ini juga merupakan kampus-kampus favorit yang ada di Surabaya. 
 
"Saat ini kita sedang menuju industri 4.0, tentu lulusan bidang teknologi informasi sangat dibutuhkan. Kualifikasi telnologi informasi akan banyak dibutuhkan di dunia kerja, industri akan kian membutuhkan yang ahli di bidang Artificial intelligence, mesin otomasi, dan banyak lagi. Maka lulusan-lulusan expert di bidang IT harus terus kita hasilkan untuk memenuhi tuntutan jaman," tegas Khofifah di Grahadi, Senin (24/5/2021)
 
Sebagaimana diketahui, Beasiswa Semesta merupakan singkatan dari 'Sevima Mencari Siswa Bertalenta'. Program dengan total hadiah Rp 300 juta ditujukan kepada siswa SMA/SMK sederajat bertalenta unggul.
 
Calon penerima beasiswa bisa berkesempatan kuliah di kampus favorit di Surabaya dengan bantuan berupa bebas biaya uang semester hingga lulus sarjana (S1).Selain itu, calon penerima beasiswa juga akan diajak bekerja di bidang IT (Information Technology) dan memperoleh gaji bulanan.
 
Beasiswa ini dapat menjadi wujud peran aktif komunitas pendidikan tinggi dalam membangun SDM unggul di Indonesia. Persyaratan mendaftar Beasiswa Semesta, antara lain adalah Warga Negara Indonesia, Telah menyelesaikan pendidikan SMA/SMK/sederajat, maksimal lulusan tahun 2019, tidak terikat beasiswa lainnya, bersedia berdomisili di Surabaya dan berminat di bidang IT.
 
Tes akan dilakukan secara online dimana Calon mahasiswa yang berminat dapat langsung mengisi formulir biodata dan berkas yang dibutuhkan, di maukuliah.id/beasiswa-semesta.
Selanjutnya, peserta yang telah mendaftar, akan menjalani tes berbasis komputer (CBT) dan tes kemampuan koding (hackaton). Semua dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Bagi peminat dianjurkan segera mendaftar, karena pendaftaran ditutup pada Jumat 4 Juni 2021.
 
"Saya harap siswa-siswi Jawa Timur bisa berpartisipasi untuk unjuk kebolehan di program beasiswa ini, dan bisa menjadi generasi yang memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa," pungkas Khofifah.(non)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait