Gubernur Kerahkan Tiga OPD Bantu Korban Gempa Lombok

UMUM | 08 Aug 2018 11:40:02 AM

Gubernur Kerahkan Tiga OPD Bantu Korban Gempa Lombok

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Suban Wahyudiono. Foto : luk/UPN JNR

Jatim Newsroom– Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo,menginstruksikan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk bersinergi membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Berdasarkan arahan Pak Gubernur pada Senin (6/8) kemarin, maka BPBD, Dinsos dan Dinkes menggelar rapat koordinasi persiapan pengiriman bantuan. Total ada 46 personel terdiri dari tim aju, tim RHA (Rapid Health Assesment) dan tim advance,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Suban Wahyudiono, Rabu, (8/8) pada Jatim Newsroom di Kantor BPBD Jatim.

Ia menjelaskan tim aju atau tim assesment bertugas untuk melakukan penilaian cepat dan mengetahui kondisi di lapangan sebagai dasar menentukan tindakan yang akan dilakukan. “Mereka mendata apa saja kebutuhakn mendesak yang diperlukan korban gempa. Tim ini sudah berada di Lombok sejak Senin, (6/8) lalu,” terangnya.

Tim RHA (Rapid Health Assesment), sambungnya, berasal dari Dinkes Jatim. Tim ini mengumpulkan data dan informasi untuk memetakan masyarakat terdampak bencana. RHA juga menganalisa kemungkinan penyakit yang mencul, kebutuhan sanitasi, logistic dan obat-obatan.

“Sedangkan tim advance terdiri dari BPBD, Tagana dan tim kesehatan. Untuk tim kesehatan sudah disiapkan dokter spesialis ortopedi, dokter spesialis umum, anastesi dan perawat. Diharapkan semua bantuan ini dapat bekerja maksimal dan meringatkan beban saudara kita di Lombok,” tandasnya. (luk/s)

Views 530
Web Statistic