Kamis, 25 April 2024

Gubernur Jatim Khofifah Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhakti PU Ke 74 di BBPJN VIII

Diunggah pada : 3 Desember 2019 11:06:25 3

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung memimpin upacara peringatan Hari Bhakti PU ke 74 di kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya, Selasa (3/12).

Dalam kesempatan itu, Khofifah membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo. Dikatakannya, dalam lima tahun terakhir ini Indonesia telah melakukan pembangunan infrastruktur besar - besaran di seluruh penjuru negeri ini. Hal ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur Indonesia.

"Maka itu, Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur Indonesia, walau pembangunan infrastruktur telah dilakukan besar - besaran dalam lima tahun terakhir ini," ujarnya.

Menurut Presiden, per tahun 2018 peringkat infrastruktur Indonesia berada di posisi 71 dari 140 negara. Ditingkat Asean daya saing infrastruktur Indonesia berad diposisi 5 dibawah Thailand, Brunei, Malaysia, dan Singapura.

Oleh karena itu, Presiden mengajak  jajaran pemerintah pusat, dan daerah untuk bersinergi, serta menyepakati mana tanggungjawab pemerintah pusat, provinsi, dan Kabupaten/kota. Mengingat sinergi ini perlu dilakukan serta berpengaruh besar dalam kesuksesan agenda pembangunan berikutnya.

Dimana lima tahun kedepan Indonesia akan membangun, 60 bendungan, 1.000 embung, 500 ribu hektar jaringan irigasi baru, 2.500 km jalan tol dan 60 ribu km jalan baru, serta akses masyarakat terhadap air minum layak minum, akses sanitasi dan persampahan menjadi 80 %.

Diakhir sambutan, Gubernur Jatim Khofifah mengajak segenap insan karyawan PUPR baik PU Binamarga, PU Cipta karya, dan PU SDA untuk meneladani semangat pantang menyerah , keberanian dan pengeorbanan sebagaimana yang diperlihatkan oleh tujuh Pahlawan sapta Taruna yang gugur digedung sate 3 desmber 1945. Akan selalu menjadi sumber motivasi, serta inspirasi bagi karyawan PU dalam menjalankan tugas membangun infrastruktur di daerah, dan pusat. "Saya Gubernur Jatim mengucapkan selamat hari Bhakti PU ke 74. Semoga Infrastruktur di Jatim menjadi maju,"pungkasnya Gubernur Perempuan pertama di Jatim. (Pca)


 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait