Kamis, 25 April 2024

Gubernur Jatim Dampingi Menko Perekonomian Kunker ke Blitar

Diunggah pada : 14 Desember 2018 20:07:19 1

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mendampingi Menko Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Desa Kebon Duren, Kec. Ponggok, Kab. Blitar, Kamis (13/12). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2018 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) di Surabaya.

Dalam kunker ini, Pakde Karwo-sapaan lekat Gubernur Jawa Timur bersama Menko Perekonomian itu melakukan dialog dengan para peternak ayam petelur untuk mendengar keluh kesah mereka menjadi peternak.

“Kepada bapak ibu sekalian yang menunggu soal permasalahan jagung untuk pakan ternak, Bapak Menteri hadir disini dalam rangka melancarkan jagung ini,” ujar Pakde Karwo yang disambut tepuk tangan para peternak yang hadir pada pertemuan tersebut.

Pada saat melakukan dialog dengan para peternak, Menko Perekonomian, Darmin Nasution meyakinkan bahwa pemerintah akan mengatasi permasalahan jagung ini. Apalagi selama dua tahun ini  terus dikembangkan produksi jagung secara besar-besaran.

“Kita akan memantau pergerakannya. Apalagi sekarang BULOG tidak menyimpan jagung. Bila fluktuasinya terlalu jauh, kita bisa meminta Bulog untuk pemeliharaan stok. Saya akan monitor betul agar setiap pergerakan kita tahu,” tuturnya.

Dikatakan Darmin, saat ini harga telur dalam kondisi sangat bagus. Bila ada peningkatan menjelang akhir tahun merupakan kewajaran, seperti halnya saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Darmin, saat ini konsumsi masyarakat terhadap daging dan telur ayam cenderung meningkat dibandingkan dengan konsumsi daging sapi. Menurutnya kecenderungan ini terus berjalan hingga tingkat konsumsi daging sapi masyarakat Indonesia saat ini rendah dan di bawah konsumsi per kapita daging sapi di India. “Oleh karena banyak yang beranggapan daging putih atau daging ayam lebih baik ketimbang daging merah atau daging sapi.  Disaran dokter juga mungkin baik untuk kesehatan,” katanya.

Sebelum melakukan dialog dengan para peternak, Menko Perekonomian didampingi Gubernur Jatim sempat meninjau salah satu usaha ternak ayam petelur milik Sri Robiyah yang ada di Desa Kebon Duren, Kec. Ponggok, Kab. Blitar.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Blitar ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Menko Bidang Perekonomian ke Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, Menko didampingi Gubernur Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke SMKN 4 Kota Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, serta penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pengeringan gabah (dryer) di Desa Senggreng, Kabupaten. Malang.

Dalam Kunker tersebut turut mendampingi Menko Perekonomian adalah para pejabat di lingkungan Kemenko Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, serta Bulog. Serta turut hadir Kepala Dinas Peternakan Prov. Jatwa Timur Drajat Irawan, Kepala Dinas Perkebunan Prov. Jawa Timur, Bupati serta Forkopimda Kabupaten. Blitar. (ryo/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait