Jumat, 29 Maret 2024

Gubernur Jadi Inspektur Peringatan Hari Otoda ke XXI

Diunggah pada : 27 April 2017 10:53:05 1

Jatim Newroom - Gubernur Jawa TImur, Soekarwo, menjadi Inspektur upacara dalam  peringatan hari Otonomi Daerah ke XXI di Kantor Gubernur Jl Pahlawan, Kamis (27/4).

Pakde Karwo saapaan akrab Gubernur, mengatakan Hari Otonomi Daerah (Otoda) berbasis pada UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang tugas otoda pemerintahan daerah, yakni meningkatkan pelayanan publik yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Pelayanan publik yang sesuai dengan UU adalah pelayanan publik dengan pemberdayaan masyarakat, yaitu mengajak masyarakat untuk terlibat dalam program-program pembangunan," kata pakde.

Dikatakannya, pelayanan publik dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat dan dunia usaha, karena itu untuk efektivitas harus menggunakan konsep e-Government.

Karena itulah Jawa Timur meraih dua kali berturut-turut penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha. Kesuksesan Jatim tersebut merupakan cermin kinerja para aparatur beserta bawahannya di lingkungan Provinsi maupun kabupaten.

"Namun perlu diingat, kesuksesan itu yang paling sulit adalah mempertahankan daripada meraih," ujar pakde. Dirinya berharap kelak penggantinya bisa mempertahankan prestasi yang diraih sekarang.

Upacara peringatan Hari Otoda ke XXI bertema "Dengan Semangat Otonomi Daerah kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melealui e- Government". Upacara ini dihadiri seluruh Kepala Perangkat daerah di lingkungan provinsi Jatim.

Dalam acara tersebut juga diserahkan penghargaan kinerja terbaik pemeritnah Kabupaten/ Kota di Jatim,  yakni Kabupaten Sidoarjo, Lamongan, Banyuwangi, Probolinggo dan Mojokerto.

Selain itu ada pemberian penghargaan sinergitas kinerja tingkat kecamatan, dan yang mendapat yakni Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan, Kota Sumenep, Kecamatan Sukolilo Surabaya, Kecamatan Skorejo Pasuruan. Dan Harapan I diraih Kecamatan Sukolilo serta Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. (ryo,shi)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait