Gubernur Buka Festival Ramadan Bakorwil Bojonegoro

UMUM | 23 May 2019 10:40:12 PM

Gubernur Buka Festival Ramadan Bakorwil Bojonegoro
Foto : Putut JNR

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membuka safari Festival Ramadhan 2019 di Bakorwil Bojonegoro. Acara yang menjadi ajang silaturahmi budaya lokal dan seni itu dibuka dengan pemukulan rebana di depan Pendopo Bakorwil, Kamis (23/5) malam.

Gubernur mengatakan, dengan adanya festival dapat menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat Jawa Timur dengan menggunakan pendekatan budaya. Jatim memiliki kekayaan budaya lokal dan seni yang tersebar di 38 kabupaten/kota, seperti khas Bojonegoro yakni Tari Tengul.

“Ini bisa mensilaturahmikan seluruh proses dari kekayaan budaya lokal dan seni di tengah masyarakat Jatim. Misalnya di Bojonegoro ada Tari Tengul,” katanya.

Ia juga mengapresiasi penyelenggaraan Festival Ramadhan ini untuk menggarap kekayaan budaya lokal dan seni yang dimiliki Jatim. "Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar hingga berakhir Grand Final di Masjid Al Akbar di Kota Surabaya," ungkapnya.

Khofifah berpesan, kreasi budaya lokal harus ada inovasi di dalamnya dengan mengangkat nuansa yang indah. Hal ini dapat membawa Islam ke depan yang indah dan Islam yang merangkul bukan memukul.

Ia mencontohkan kejadian pembakaran Polsek Tambelangan di Sampang. Pembakaran terjadi hanya karena miskomunikasi melalui video viral. Dimana, ada kiai yang dinformasikan terisolasi kejadian 22 Mei di Jakarta, tetapi itu ternyata tidak benar.

“Kiainya ternyata ada di Surabaya. Artinya, semua harus dikomunikasikan dengan baik agar tidak ada salah Faham. Ada miskomunikasi, harus dilakukan dengan klarifikasi atau tabayyun. Puasa mengajarkan diri menahan diri dari sesuatu yang dilarang dan semua harus dikendalikan. Mudah mudahan Bojonegoro, Jawa Timur dan Indonesia selalu aman,” harapnya.

Kepala Bakorwil Bojonegoro, Abimanyu mengatakan, Festival Ramadan digelar guna mengisi dan memeriahkan kegiatan Ramadan seperti Kompetisi hadrah Al banjari Piala Gubernur Jatim, Lomba Patrol Kreasi Piala Kapolda Jatim. Grand Final akan dilaksanakan di Masjid AL Akbar Surabaya. Bazar pameran oleh 65 stan kabupaten kota se Bakorwil Bojonegoro, IKM dan UKM, stan milenial. (Put)

Views 2118
Web Statistic