Rabu, 24 April 2024

Gempa Malang, Tim Relawan Kabupaten Malang Buka Dapur Umum

Diunggah pada : 11 April 2021 21:53:01 37

Jatim Newsroom - Dalam membantu korban gempa di Malang Selatan yang terjadi Sabtu (10/4/2021). Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang membuka dapur umum untuk membantu logistik. 
 
Dapur umum didirikan di daerah yang terdampak paling parah, yaitu Kecamatan Dampit, Kecamatan Ampelgading dan Kecamatan Tirtoyudo 
"Dapur umum dibangun di balai desa Bajang Tengah kec Dampit. Disiapkan sebanyak 250 bungkus dan jumlahnya disesuaikan dengan asesment Tim Relawan PMI yang ada dilapangan bila dibutuhkan hingga 2000 bungkus perkali masak kita juga mampu. Sedangkan untuk tempat lain, masih menunggu perkembangan lebih lanjut dari tim asesement PMI. Dapur umum didirikan untuk memenuhi kebutuhan logistik bagi korban terdampak Gempa Bumi,” ujar Aprillijanto Sekretaris PMI Kabupaten Malang.
 
PMI Kabupaten Malang menurunkan relawan sebanyak 261 orang yang memiliki spesialisai pelayanan ambulance, asesment. Dari hasil asesmen Tim PMI gempa terdapat satu orang korban dinyatakan meninggal, Sabtu (10/4/2021). Selain itu, ada dua korban yang mengalami luka berat. Korban yang meninggal itu bernama Munadi (99) warga RT 12 RW 3 Dusun Sukodadi, Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading. 
 
"Korban meninggal akibat tertimpa bangunan rumahnya. Selain itu  Orangnya memang sudah tua," Jelas Aprillijanto.
 Selain korban meninggal, gempa juga menyebabkan korban luka berat yakni Bambang Ponidi dan Subandi yang juga merupakan warga Desa Wirotaman. 
 
Diketahui, gempa terjadi di laut selatan Malang, Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Gempa mengguncang sejumlah daerah di Jawa Timur dan merusak sejumlah bangunan di berbagai tempat. Gempa bermagnitudo 6,7, kemudian diperbarui menjadi 6,1. (her/n)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait