Sabtu, 20 April 2024

Gelar Rakor Kehumasan, Kanwil Kemenkumham Jatim Apresiasi dan Evaluasi Kinerja Satker Jajaran

Diunggah pada : 9 November 2021 19:02:09 5

Jatim Newsroom- Kanwil Kemenkumham Jatim berupaya mengoptimalkan fungsi dan peran kehumasan di jajarannya. Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi Kehumasan Wilayah yang menjadi ajang apresiasi dan evaluasi kinerja kehumasan hari ini, Selasa(9/11/2021).

Rakor Kehumasan yang digelar secara daring itu diikuti kepala UPT dan pejabat serta operator kehumasan jajaran. Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono hadir didampingi Kadiv Keimigrasian Jaya Saputra dan Kabag PH Meirina Saeksi serta Kasubag Humas Ishadi MP. Sedangkan Kadiv Administrasi Indah Rahayuningsih mengikuti kegiatan melalui ruang virtual dari Pamekasan.

Dalam sambutannya, Krismono menyebutkan bahwa Jawa Timur sebagai kanwil besar, sudah selayaknya jadi barometer kehumasan di level nasional. Karya-karya dan hasil kinerja humas Kanwil Kemenkumham Jatim sudah diakui di level nasional. Terakhir, humas Kantor Wilayah menyabet juara pertama kompetisi video inovasi pelayanan publik kategori pelayanan ruang. Prestasi ini juga diikuti Humas Rutan Nganjuk yang meraih juaran kedua kategori pelayanan berbasis TI dan Rutan Pacitan yang menyabet juara harapan kedua di kategori yang sama.

Di luar itu, Krismono juga telah melihat hasil karya dari satker kita yang lain, yang tidak kalah hebatnya. “Kami yakin, dengan menciptakan iklim kehumasan yang kompetitif sekaligus kolaboratif, akan memicu karya-karya yang lebih baik lagi dan semakin diperhitungkan di level nasional,” ujarnya.

Namun, dia mengingatkan jajarannya agar tidak larut dalam euforia. Krismono menegaskan jajarannya harus terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Mengingat, tuntutan masyarakat bergerak sangat cepat dan dinamis. “Humas harus mampu menangkap dan menjawantahkan tuntutan tersebut,” urainya.

Termasuk, lanjut Krismono, tuntutan terhadap keterbukaan informasi publik. Pria kelahiran Yogyakarta itu menjelaskan bahwa keterbukaan ini bisa dipenuhi salah satunya dengan publikasi di Media Massa. Kita tidak boleh menutup mata, saat ini media massa masih menjadi salah satu media komunikasi efektif dengan masyarakat. “Untuk itu, saya perintahkan kepada seluruh kepala UPT jajaran untuk menjalin relasi yang baik dengan awak media massa di daerah masing-masing,” urainya.

Krismono meminta jajarannya menjadikan wartawan sebagai mitra yang akan membantu memberikan informasi kepada masyarakat terkait capaian kinerja dan inovasi yang dilakukan. Sehingga, ada hubungan timbal balik saling menguntungkan atau simbiosis mutualisme. “Jangan ada lagi jarak, apalagi menghindari pers. Gandeng, rangkul dan perlakukan pers dengan baik,” tegasnya.

Sebelumnya, Kadiv Administrasi melakukan analisa dan evaluasi kinerja kehumasan di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim. Menurut Indah, kehumasan menjadi atensi utama Para Pimti di Unit Pusat. Hal inilah yang harus direspon dengan peningkatan kinerja dalam pelayanan informasi dan kehumasan kita di Wilayah. “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas kontribusi satker dalam memajukan kehumasan di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim,” tutup Indah. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait