Sabtu, 20 April 2024

GAPKI Ajak Generasi Milenial Kenal Dunia Kelapa Sawit

Diunggah pada : 14 September 2019 19:32:50 14

Jatim Newsroom -Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mengajak generasi milenial Surabaya mengenal dunia kelapa sawit.

"Kegiatan ini diharapkan jadi jembatan informasi yang tepat bagi generasi milenial, mahasiswa, pengusaha muda untuk mengenal lebih dalam soal sawit dan produk-produk turunannya, serta peluang-peluang yang bisa diciptakan dari kelapa sawit," kata Ketua Bidang Komunikasi GAPKI, Tofan Mahdi disela talkshow bertajuk Surabaya Amazing Race Sawit Hunt 2019 di area Monumen Kapal Selam, Sabtu (14/9).

Kegiatan yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ini dipaparkan produk turunan sawit berupa makanan, kosmetik, dan energi terbarukan.

Dikatakan Tofan, generasi muda harus bangga karena Indonesia sebagai negara penghasil sawit terbesar di dunia. Budi daya kelapa sawit mulai dilakukan sejak 1878 di nusantara.

Sampai sekarang, kelapa sawit terus mengalami perkembangan dengan berbagai produk turunannya. Pemahaman sawit secara turun temurun, lanjut Tofan, harus berjalan dengan baik agar perkebunan dan komoditas tersebut tetap menjadi produk unggulan Indonesia.

"Kami ingin membangun pemahaman dan kepedulian generasi muda bahwa sawit itu penting untuk Indonesia. Kalau kita cuek dan tidak peduli, cepat atau lambat industri sawit akan mati," kata mantan jurnalis itu.

Selain itu, dampak positif yang dilahirkan dengan adanya sawit dan produk-produk olahannya adalah kontribusi bagi ekonomi Indonesia, di mana pemasukan devisa dari ekspor sawit mencapai 20,54 miliar Dolar AS pada tahun 2018.

Dampak positif lain adalah penyerapan tenaga kerja yang besar dari sektor ini. Paling tidak ada sekitar 50 juta jiwa yang hidup dari sawit.

Dalam kesempatan ini dipaparkan, produk turunan sawit dapat berupa makanan, kosmetik, dan energi terbarukan. Sebagai contoh untuk makanan berupa minyak goreng,  margarin, mentega, mie instan dan lain sebagainya.  

Dan untuk produk kecantikan dan kosmetik berupa lipstik, sampo,  sabun dan lain sebagainya. Adapun energi terbarukan yang dihasilkan dari sawit berupa biodiesel. 

"Kelapa sawit ini bukan industri yang membahayakan serta bukan Industri yang tidak memiliki masa depan. Yang perlu terus digaungkan kepada semua lapisan masyarakat adalah sawit telah memberikan manfaat bagi kita semua. Tidak hanya untuk Indonesia, tapi juga  dunia," ungkapnya. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait