Jumat, 29 Maret 2024

Forum IKM Jatim Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Diunggah pada : 27 Maret 2017 15:20:31 4

Jatim Newsroom – Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Jawa Timur telah menjadi bagian penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. IKM selama ini dinilai telah mampu membantu dan mengurangi pengangguran.
        Ketua Forum Iindustri Kecil Menengah  (IKM) Jawa Timur, M Oskar, ditemui di kantornya, Senin (27/3), mengatakan dengan dukungan dan apresiasi dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jawa Timur, Forum IKM terus berperan aktif bersama pemerintah memajukan para pelaku usaha agar berdaya saing dan memiliki kemampuan mandiri.
     Selain itu, Forum IKM juga ikut membangun pasar di tingkat lokal dengan melibatkan forum ikut bagian dari Misi Dagang Propinsi Jawa Timur dan pameran pameran. Kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan produk produk Jawa Timur di berbagai daerah di Indonesia.
    Kegiatan terpenting yakni forum IKM bersama pemerintah terus aktif mengajak pelaku usaha menjadi bagian dalam menunjang ekonomi yang memiliki legalitas formal baik dari sisi pelaku usaha dan organisasi yang melindungi para IKM.
    Beberapa hal yang menjadi visi misi Forum IKM Jawa Timur adalah membangun sinergi dengan Dinas Perdagangan Propinsi Jawa Timur dan Dinas Dinas SKPD di daerah. Tujuannya untuk menumbuhkan kebersamaan dan mendukung program program pemerintah yang menjadi bagian kebutuhan para IKM.    Adapun kegiatan forum IKM lainnya, adalah mensosialisasikan dan mengenalkan produk produk IKM Jawa Timur yang tergabung dalam Forum IKM Jawa Timur. Dengan memberi informasi melalui media online, Website dan alat komunikasi lainnya agar menjadi bagian untuk mendukung Gerakan Aku Cinta Produk Indonesia (ACI).
    Forum IKM Jawa Timur berdiri sejak tahun 2015 dengan memiliki keanggotaan hampir mencapai 1.700 pelaku usaha produktif dan tersebar di 28 kabupaten/ kota serta menjadi salah satu perkumpulan IKM terbesar di Jawa Timur. Lembaga ini bersinergi dengan pemerintah daerah dan pusat.    Kegiatan yang dilakukan meliputi pembenahan produk berdaya saing, menata dan menginformasikan perizinan baik dari kabupaten/kota sampai dengan pemerintah pusat.          Kegiatan tersebut diantaranya membantu mendapatkan perizinan usaha, merk, nutrition fact, halal, ISO, dan juga memberikan informasi terkait pasar IKM. Selain itu juga membangun kerjasama dengan membangun wadah promosi dan penjualan produk-produk IKM di swalayan, IKM Mart, gelar produk, pameran daerah dan nasional.(ryo)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait