Festival Pertura KIM 2017 Tampilkan Cerita Dukun Tiban Jombang Dan Gilihyang Sumenep

UMUM | 14 Sep 2017 08:34:54 AM

Jatim Newsroom - Cerita Dukun Tiban dari Jombang dan Pulau Gilihyang Sumenep ramaikan Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura) yang digelar di Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) IX 2017 di Kabupaten Pasuruan, Rabu (13/9) malam.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jatim,  Ambar Sulisyorini mengatakan, pertura ini diadakan dengan tujuan melestarikan budaya asli Jatim, sekaligus sarana efektif untuk menyampaikan informasi. "Dengan disampaikan dua cerita dari Kabupaten Jombang dan Sumenep kami harapkan masyarakat bisa terhibur, dan cerita yang disampaikan bisa membawa pesan yang positif bagi masyarakat," ujarnya.

Dukun Tiban karya Fandi Ahmad menceritakan, seorang kepala desa didemo warganya karena melakukan tindakan korupsi di wilayahnya. Kemudian si kepala desa tidak mau mengakui perbuatannya dihadapan warganya yang melakukan aksi dihadapannya.

Akhirnya kepala desa tersebut jatuh sakit dan menyuruh pamannya untuk mencari dukun tiban untuk menyembuhkan penyakitnya. Lebih lanjut Dukun Tiban yang diperankan Besut datang kepala desa lurah sumo, dukun tiban mengatakan sakit karena perbuatan yang ada lakukan terhadap warga desa. Apa yang anda perbuat. Lalu si kepala desa mengakui perbuatannya telah melalukan korupsi dana desa, hingga kas warga. Dan kepala desa minta maaf kepada masyarakat karena berbuat korupsi.

Untuk cerita gilihyang Sumenep, memiliki banyak keunikan yang masih tersimpan. Selain kadar oksigen  berkisar 3,3 persen hingga 4,8 persen di atas normal hasil penelitian LAPAN 2006, juga terdapat 10 gua, serta juga terdapat terumbu karang. (Pca)

Views 283
Web Statistic