Jumat, 29 Maret 2024

Dukung Smart Province, Diskominfo Bekali ASN Fungsional

Diunggah pada : 12 Desember 2017 17:23:13 2

Jatim Newsroom – Mendukung program Smart Province, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim memberikan pembekalan kompetensi bagi Pranata Humas dan Pranata Komputer di lingkungan Pemprov dan Kabupaten/Kota se- Jatim.
 
"Paling lambat pertengahan tahun 2018 mendatang   Smart Province akan dilaunching oleh Gubernur Jatim. Untuk itu bagi para pejabat fungsional baik pranata humas maupun pranata komputer diharuskan memiliki bekal kompetensi sesuai bidang masing-masing," ujar Kepala Diskominfo Jatim, Eddy Santoso, saat membuka acara Pembekalan Kompetensi Pranata Humas dan Pranata Komputer di Aula Kominfo  Selasa (12/12) siang.
 
Pembekalan kompetensi pranata humas dan komputer tersebut dinilai penting sebab jabatan ini akan memberikan kontribusi besar terhadap realisasi smart Province. 
 
Kasie Pengembangan Aplikasi Bidang APTIKA Diskominfo Jatim, Achad Fadil Chusni, menjelaskan bahwa smart province adalah  program yang berkelanjutan dan terus berkembang yang mencakup beberapa aspek, yakni smart ekonomi, smart environment, dan lain-lain.
 
‘’Khusus jabatan Pranata Komputer diharapkan bisa membuat  data-data agar  bisa dikembangkan menjadi aplikasi yang bernilai bagi masing-masing OPD. Sedangkan Bagi Pranata Humas bisa menggunakan aplikasi tersebut dari kontennya,’’jelas Fadil Chusni.
 
Terkait Pranata Humas, Kasie Sumber Daya Komunikasi Publik, Eko Setyawan, menjelaskan tentang kondisi terkini kehumasan pemerintah. Dikatakan, menurunnya dari tahun ke tahun jumlah pegawai kehumasan, dikarenakan kompetensi setiap invidu yang belum terstandar, minimnya pengembangan kapasitas, serta evaluasi kinerja dalam bentuk penilaian lebih cenderung administratif dan subyektif.
 
Untuk itu perlu, kata Eko, perlu peningkatan atau pengembangan potensi diri, utamanya dalam kemampuan menulis. Karena dengan menulis maka akan semakin mengembangkan potensi yang selama ini tidak terekspos dan otomatis mengembangkan sisi kehumasan.(shi)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait