DPRD Usulkan Ada Penambahan Kecamatan Di Jatim

UMUM | 15 Feb 2018 04:20:40 AM

DPRD Usulkan Ada Penambahan Kecamatan Di Jatim
Anggota DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjutak di DPRD Jatim. Foto : Panca JNR

Jatim Newsroom - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim mengusulkan dan mendorong agar ada penambahan Kecamatan di Jawa Timur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi disparitas di daerah terutama dalam mengurangi angka kemiskinan di Jawa Timur.

Anggota DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjutak di DPRD Jatim, Rabu (14/2) mengatakan, penambahan perlu dilakukan, karena selama ini prasarana Pelayanan Publik yang ada di Jatim selalu berjauhan dengan Pusat Pemerintahan di daerah.

Ia mencontohkan, di Kabupaten Malang ada  kecamatan yang Puskesmasnya berjauhan hampir mendekati perbatasan dengan kota Batu. Ini jelas sangat sekali mengganggu pelayanan public terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan. Hal ini juga ada di beberapa daerah di Jatim. “Oleh sebab itu kami mendorong adanya penambahan jumlah kecamatan di Jatim,"ujar Sahat.

Menurutnya, dengan adanya penambahan Kecamatan di Jawa Timur tersebut merupakan rekomendasi dari hasil Pansus RPJMD Jatim 2014-2019. Dimana, di dalamnya ada misi dari RPJMD antara lain di misi pertama disebutkan  untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan bagi semua, pemerataan layanan dasar dan perluasan akses terhadap pelayanan kesehatanuntuk meningkatkan derajat  kesehatan masyarakat.

“Tak hanya itu penambahan Kecamatan juga merupakan bagian dari misi RPJMD Jatim yaitu perluasan penanggulangan kemiskinan,” ujarnya Sahat politisi asal daerah Pemilihan Jatim I Surabaya - Sidoarjo. (Pca/p)

Views 1454
Web Statistic