Kamis, 25 April 2024

DPRD Jatim Usul Pembangunan Fly Over dan Hidupkan Kembali Kereta Api di Madura

Diunggah pada : 13 Agustus 2020 16:43:50 35

Jatim Newsroom- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Abdul Halim meminta dan berharap kepada pemerintah baik Pusat, Provinsi dan Kabupaten untuk segera mencari solusi dan bersinergi memecahkan masalah kemacetan di wilayah Madura. Mengingat saat ini di Bangkalan ada pasar Patemon, Tanah merah, kemudian ke Timur lagi ada pasar Sampang, Pasar Tojuk perbatasan pamekasan - sampang, dan ke timur lagi di Sumenep ada lagi Pasar yang selalu terjadi kemacetan setiap hari Selasa.

"Kemacetan ini apabila tidak ada solusi, maka bisa berhenti total dari sisi transportasinya. Oleh Karena itu pihaknya berharap persoalan kemacetan ini menjadi perhatian dari pemerintah segera dilakukan,"ujar Anggota DPRD Jatim dari Daerah Pemilihan (Dapil) Madura, Abdul Halim dikonfirmasi di DPRD Jatim, Kamis (13/8).

Dikatakannya, untuk kemacetan di wilayah Madura ini ada beberapa usulan dari pemerintah pertama yaitu membuat jalur alternatif tetapi kendala dengan ruslah atau tukar guling tanah. Dimana untuk tukar guling tanah ini pemkab Bangkalan tidak punya anggaran untuk membebaskan tanah tersebut.

Kemudian usulan kedua yaitu, dibangun fly over Tanah merah - pasar patemon Bangkalan Madura. "Maka itu pihaknya berharap agar usulan pembangunan Fly over ini bisa terealisasi tahun ini, dimana dengan adanya pembangunan fly over ini bisa mengurai kemacetan di wilayah madura," harapnya.

Ia kemudian membagikan pengalaman perjalanan Bangkalan – ke Sumenep, saat dari perjalanan Bangkalan - Sumenep apabila tidak terjadi pasar tumpah di bangkalan ke sumenep bisa ditempuh 3 - 4 jam, tetapi saat terjadi pasar tumpah tepat hari Selasa jalanan bisa macet dan perjalanan Bangkalan - Sumenep bisa sampai 7 Jam." Permasalahan kemacetan ini juga menjadi keluhan masyarakat di Madura saat pihaknya turun dan menyapa masyarakat di Madura,"paparnya.

Kemudian usulan ketiga yaitu, menghidupkan kembali jalur kereta api di wilayah Madura. Dimana di wilayah Madura di Bangkalan - Sumenep pada tahun 1970 pernah ada kereta api. "Apabila solusi pembangunan fly over tidak terlaksana. Solusi terakhir memecah kemacetan di Madura yaitu membangkitkan kembali jalur kereta api tersebut,"pungkasnya Halim Politisi Asa Fraksi Partai Gerindra Jatim. (pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait