DPRD Jatim Minta BPBD Tingkatkan Sosialisasikan Tanggap Bencana

UMUM | 11 Oct 2018 08:30:15 PM

DPRD Jatim Minta BPBD Tingkatkan Sosialisasikan Tanggap Bencana

Anggota DPRD Jatim, Mahoed ditemui di ruang komisi C DPRD Jatim. (panca)

Jatim Newsroom - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur meminta dan berharap kepada BPBD untuk terus meningkatkan sosialisasi tentang tanggap Bencana kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan Simulasi agar bencana bisa diantisipasi sedini mungkin. Hal ini disampaikan oleh Anggota DPRD Jatim, Mahoed ditemui di komisi C DPRD Jatim, Kamis (11/10).

Menurutnya, bahwa selama ini pengetahuan masyarakat terhadap bencana alam selama ini hanya banjir, tanah longsor, Tsunami tapi masyarakat belum disimulasikan atau pengetahuan gempa bumi. Sehingga Masyarakat khawatir terjadinya gempa bumi di Jatim bisa menimbulkan tsunami seperti di Palu Sulawesi Tengah.

"Mereka was-was dan trauma. Dikawatirkan akan seperti di Palu dan Lombok. Apalagi, kawasan ini juga dekat dengan laut," paparnya.

Mahud mengaku sempat ada informasi dari masyarakat bahwa gempa terjadi Rabu (10/10) kemarin. Namun masyarakat baru merasakan Kamis (11/10/) ketika ada goyangan. "Ada informasi kalau gempa terjadi kemarin," ujar Mahud, di DPRD Jatim.

Politisi asal PDIP itu mengaku, dirinya tahu ada gempa ketika masyarakat berhamburan lari dari tempat begadangnya untuk membangunkan keluarga di rumah agar keluar dari tempat tinggalnya.

BPBD tidak pernah sosialisasi daerah-daerah yang rawan terjadi bencana. Dengan adanya sosialisasi potensi bencana masyarakat bisa melakukan antisipasi. Mengingat gempa bukan hal yang baru, sehingga pemerintah daerah harus antisipasi dini agar tidak banyak korban.  (pca)

Views 249
Web Statistic