Jumat, 19 April 2024

DPRD Dukung Keputusan Pemerintah Membatalkan Pelaksanaan Ujian Nasional

Diunggah pada : 26 Maret 2020 12:44:55 15

Jatim Newsroom - Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur mendukung keputusan pemerintah yang membatalkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 untuk seluruh jenjang sekolah. DPRD Jatim menilai hal tersebut cukup relevan sebagai langkah preventif antisipasi penularan virus corona. 

"Sebaiknya, kita semua menghormati keputusan pemerintah tersebut," Ketua Komisi E DPRD Jatim, Wara Sundari Renny Pramana  dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/7).

Menurut Renny, kebijakan tersebut cukup solutif untuk menekan angka penularan virus corona, khususnya bagi kalangan pelajar. "Pembatalan ini bukan keinginan orang per orang. Melainkan, tentu telah melewati sejumlah diskusi dan kajian panjang," katanya.

Renny pun meyakini pembatalan tersebut tak akan mempengaruhi kualitas lulusan siswa nantinya. Sekolah dipercaya akan tetap memiliki standar kelulusan yang sesuai dengan standar di ujian nasional. "Satu hal yang perlu diingat, sebelum adanya UN saya kan mengalami juga. Saat itu, yang menentukan lulus atau tidaknya juga adalah masing-masing sekolah," kata Renny politisi asal fraksi PDIP Jatim ini.

Wara Sundari Renny Permana yang juga Adik dari Sekretaris Kabinet, Pramono Anung ini berharap seluruh masyarakat dapat mendukung keputusan pemerintah. Khususnya, para siswa dengan tanpa mengurangi intensitas belajar di rumah sekali pun kegiatan unas ditiadakan.

Komisi yang membidangi masalah kesejahteraan rakyat (di antaranya, pendidikan dan kesehatan) ini optimistis angka penularan juga akhirnya dapat dinihilkan. “Semoga ujain penyakit dari virus covid-19 ini segera berlalu. Syaratnya, semua harus tertib dan mematuhi dan menjalankan instruksi/aturan yang dibuat saat ini. Di antaranya, physical distancing (menjaga jarak fisik) dengan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah masing-masing," pungkas Renny (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait