Sabtu, 20 April 2024

Dispora Jatim Ubah Start Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya

Diunggah pada : 4 November 2016 19:04:31 429

Jatim Newsroom- Start Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 akan berpindah. Jika semula di lepas/start di alun-alun Mojokerto, pada penyelenggaraan 2016 ini Start di pindah ke lapangan Surodinawan Kota Mojokerto. Hal tersebut dikatakan Kadispora Jatim, Supratomo Jumat (4/11).

Menurutnya, alasan dipindahnya start gerak jalan tradisional perjuangan ini karena alun-alun sudah direnovasi menjadi lebih baik dan indah, maka segala kegiatan tidak bisa dilaksanakan di alun-alun termasuk gerak jalan Mojokerto-Surabaya. Sebelumnya, Bupati Mojokerto juga telah mengintruksi alun-alun tidak bisa di pergunakan untuk Start/pelepasan gerak jalan. ”Kami menghargai instruksi/mematuhi aturan dan kami diberi jalan keluarnya dengan dipindah ke lapangan Surodinawan kota Mojokerto,”  ujar Supratomo.

Pelaksanaan gerak jalan Mojokerto akan di gelar pada 12 Nopember mendatang. Gerak jalan ini diselengarakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pahlawan ini yang jatuh setiap tanggal 10 Nopember.

Lebih lanjut Supratomo menjelaskan, sejarah dari Gerak Jalan Mojokerto Surabaya ini merupakan napak tilas dari perjuangan para pemuda yang sebagian besar merupakan Arek – Arek Suroboyo. Saat bertempur dengan semangat membara dalam mengusir penjajah yang akan merebut kembali Indonesia yang pada saat itu baru saja memproklamirkan kemerdekaannya. Mojokerto -Surabayaini adalah rute yang menjadi bagian dari perjuangan para pemuda pada tahun 1945.

Sementara Kabid Olahraga Rekreasi Dispora Jatim, Harti’in mengatakan, jarak tempuh dari rute Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016  akan berubah setelah startnya dipindah yang semula mempunyai panjang 55 kilometer maka akan bertambah menjadi 56 km.

Posisi start para peserta akan dimulai dari Lapangan Surodinawan Kota Mojokerto dan berakhir di Area Tugu Pahlawan Kota Surabaya. Biasanya, para peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 akan diberangkatkan pada pukul 16.00 wib dan akan memasuki Kota Surabaya menjelang tengah malam. Namun sebelum para peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya ini berjalan, sebelumnya akan dilepas peserta sepeda kuno yang diberangkatkan pada pukul 15.00 wib.

Pada 2016 ini, perlombaan Gerak Jalan Mojokerto Surabaya akan di laksanakan pada hari Sabtu, 12 Nopember 2016. Ada beberapa kategori yang di perlombakan, yaitu Perorangan Putra /Putri, Beregu Umum, Beregu TNI/POLRI dan Beregu Pelajar. Total hadiah yang diperebutkan Rp 118,5 juta dan sejumlah doorprice. (her)

   

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait